ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH KONTEKSTUAL MATEMATIKA

PUTRA, ADITYA RIZKY (2025) ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH KONTEKSTUAL MATEMATIKA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover Skripsi_Aditya Rizky Putra.pdf

Download (162kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan Skripsi_Aditya Rizky Putra.pdf

Download (527kB)
[img] Text
Abstrak Skripsi_Aditya Rizky Putra.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Bab I Skripsi_Aditya Rizky Putra.pdf

Download (364kB)
[img] Text
Bab V Skripsi_Aditya Rizky Putra.pdf

Download (154kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Skripsi_Aditya Rizky Putra.pdf

Download (388kB)
[img] Text
Skripsi_Aditya Rizky Putra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa SMP dalam memecahkan masalah kontekstual matematika. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Muaro Jambi pada tanggal 15 Februari 2025. Data penelitian diperoleh dengan cara penyebaran tes kemampuan numerasi kepada subjek dengan nilai hasil belajar matematika tinggi, sedang dan rendah yang masing-masing kategori dipilih 2 siswa untuk mewakilinya (sebagai data utama). Kemudian dilakukan wawancara dengan subjek untuk menggali lebih dalam kemampuan numerasi mereka (sebagai data penunjang). Selanjutnya, data dianalisis untuk kemudian mendapatkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan nilai hasil belajar matematika tinggi dalam memecahkan masalah kontekstual materi relasi dan fungsi memiliki kemampuan numerasi yang tinggi dengan mampu menggunakan angka dan simbol matematika dasar, menganalisis informasi pada soal, dan menginterpretasikannya dalam proses penyelesaian soal. Siswa dengan nilai hasil belajar matematika sedang dalam memecahkan masalah kontekstual materi relasi dan fungsi memiliki kemampuan numerasi yang sedang dengan mampu menggunakan angka dan simbol matematika dasar dan menganalisis informasi pada soal, namun dalam menginterpretasikan proses penyelesaiannya hanya sebagian mampu memenuhi. Siswa dengan nilai hasil belajar matematika rendah dalam memecahkan masalah kontekstual materi relasi dan fungsi memiliki kemampuan numerasi yang sedang dengan mampu atau sebagian mampu menggunakan angka dan simbol matematika dasar dan menganalisis informasi pada soal, namun dalam menginterpretasikan jawaban pada soal hanya sebagian memenuhi atau tidak memenuhi sama sekali. Kata Kunci: kemampuan numerasi, SMP, masalah kontekstual matematika

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PUTRA
Date Deposited: 01 Jul 2025 02:42
Last Modified: 01 Jul 2025 02:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80788

Actions (login required)

View Item View Item