Mariati, Mariati (2025) Preferensi Profesi Guru Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi Pasca MSIB. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
MARIATI-A1A121018_UNJA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) |
Abstract
Mariati, Mariati. 2025. Preferensi Profesi Guru pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi Pasca MSIB. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. H. Arpizal, M.Pd. (II) Romi Kurniadi, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : preferensi karier, profesi guru, mahasiswa FKIP, MSIB, MBKM Pemilihan karier merupakan keputusan penting yang dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan eksternal. Dalam konteks mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), fenomena pergeseran minat karier dari profesi guru ke sektor nonpendidikan semakin marak. Kehadiran program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), khususnya Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) memungkinkan mahasiswa FKIP untuk merasakan pengalaman kerja di luar lingkup pendidikan yang diduga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengalaman mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi selama mengikuti program MSIB, (2) pandangan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi mengenai profesi guru setelah mengikuti program MSIB, dan (3) preferensi profesi guru pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi setelah mengikuti program MSIB. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah empat informan yang merupakan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi yang menjadi peserta MSIB batch-6. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan dokumentasi. Data divalidasi dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan member check. Kemudian analisis data yang digunakan adalah Analisis Tematik Reflektif dengan menggunakan bantuan perangkat lunak NVivo12 untuk melakukan coding data dan kategori data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman kerja lintas sektor yang diperoleh selama MSIB memengaruhi pandangan mahasiswa terhadap dunia kerja dan memperluas cakrawala karier mereka. Meskipun sebagian mahasiswa tetap menunjukkan ketertarikan terhadap profesi guru, terdapat pula yang beralih minat ke profesi lain yang dianggap lebih menjanjikan secara finansial maupun pengembangan karier. MSIB juga berperan mengubah pandangan mahasiswa terhadap guru menjadi lebih realistis dan menyeluruh. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa program MSIB berkontribusi terhadap perubahan preferensi profesi mahasiswa keguruan, sehingga penting bagi institusi pendidikan untuk menyesuaikan kurikulum dan pembinaan karier agar selaras dengan dinamika kebutuhan pasar kerja. Disarankan agar pihak Program Studi dan Fakultas dapat menyelaraskan kurkulum dengan ebutuhan dunia kerja yang dinamis serta penguatan pembekalan awal mahasiwa untuk meminimalisir kesenjangan ekspetasi dengan realitas. Mariati, Mariati. 2025. Preferensi Profesi Guru pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi Pasca MSIB. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. H. Arpizal, M.Pd. (II) Romi Kurniadi, S.Pd., M.Pd. Keywords: career preferences, teaching profession, FKIP students, MSIB, MBKM Career choice is an important decision influenced by various internal and external factors. In the context of students at the Faculty of Education and Educational Sciences (FKIP), the phenomenon of shifting career interests from the teaching profession to non-educational sectors is becoming increasingly prevalent. The presence of the Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) program, particularly the Internship and Certified Independent Study (MSIB) program, enables FKIP students to gain work experience outside the educational field, which is believed to be beneficial. This study aims to investigate (1) the experiences of students from the Faculty of Education and Educational Sciences (FKIP) at Jambi University during their participation in the MSIB program, (2) the perspectives of students from the Faculty of Education and Educational Sciences (FKIP) at Jambi University on the teaching profession after participating in the MSIB program, and (3) the preferences for the teaching profession among students from the Faculty of Education and Educational Sciences (FKIP) at Jambi University after participating in the MSIB program. This study employs a qualitative approach using a phenomenological research design. The data sources in this study are four informants who are students from the Faculty of Education and Educational Sciences (FKIP) at Jambi University who participated in the MSIB program batch-6. Data collection techniques include in-depth interviews and documentation. Data validation was conducted using source triangulation and member checking techniques. The data analysis method used was Reflective Thematic Analysis, with the assistance of NVivo12 software for data coding and categorization. The results of the study indicate that the cross-sector work experience gained during MSIB influences students' views of the world of work and broadens their career horizons. Although some students remain interested in the teaching profession, others have shifted their interests to other professions considered more promising in terms of financial rewards and career development. MSIB also plays a role in changing students' views of teachers to be more realistic and comprehensive. The conclusion of this study indicates that the MSIB program contributes to changes in students' professional preferences, making it important for educational institutions to align their curricula and career development programs with the dynamic needs of the job market. It is recommended that the Study Program and Faculty align the curriculum with the dynamic needs of the job market and strengthen the initial preparation of students to minimize the gap between expectations and reality.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | preferensi karier, profesi guru, mahasiswa FKIP, MSIB, MBKM |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | MARIATI |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 02:50 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 02:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80860 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |