PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Prasetiawan, Fajar and Sofwan, Muhammad and Wulandari, Bunga Ayu (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
TESIS_FAJAR PRASETIAWAN_P2A623024_CD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak_Fajar Prasetiawan_P2A623024.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan_Fajar Prasetiawan.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB I_Fajar Prasetiawan_P2A623024.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V_Fajar Prasetiawan_P2A623024.pdf

Download (539kB)
[img] Text
Cover_Fajar Prasetiawan_P2A623024.pdf

Download (169kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Fajar Prasetiawan.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap motivasi belajar siswa, 2) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, 3) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning secara simultan terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 181/IX Berkah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experimental design dengan rancangan pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 181/IX Berkah. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 181/IX Berkah yang terbagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas IV A dan Kelas IV B dengan jumlah seluruh siswa sebanyak 61 siswa. Kelompok eksperimen dalam penelitian ini menerapkan model Problem Based Learning dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial materi Indonesiaku kaya budaya sedangkan kelompok kontrol menerapkan model STAD. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket motivasi belajar dan observasi kemampuan pemecahan masalah yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji normalitas data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS dengan pemilihan uji Kolmogorov Smirnov dengan nilai sig. > 0,05, sedangkan uji homogenitas menggunakan uji Levene’s dengan nilai sig. > 0,05. Uji hipotesis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t test untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dan uji MANOVA untuk mengetahui pengaruh model PBL secara simultan terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Model Problem Based Learning berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial dengan nilai signifikansi sebesar .000, 2) Model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial dengan nilai signifikansi sebesar .000, 3) Model Problem Based Learning berpengaruh secara simultan terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Kata Kunci: Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Fajar Prasetiawan
Date Deposited: 03 Jul 2025 02:53
Last Modified: 03 Jul 2025 02:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80935

Actions (login required)

View Item View Item