Rahana, Siti (2025) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Sudut di Kelas V Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi_Siti_Rahana_A1D121109_terakhir.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (107kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan&persetujuan.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
kesimpulan.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
dapus.pdf Download (226kB) |
Abstract
ABSTRAK Rahana, Siti 2025. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Sudut di Kelas V Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Sekolah Anak Usia Dini Dan Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Prof. Drs. Syahrial M.Ed., Ph.D., (2) Akhmad Faishal Hidayat, M.Pd. Kata Kunci: Bahan Ajar, Kearifan Lokal, Matematika, Model 4D. Penelitian ini berrtujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar matematika berbasis kearifan lokal Jambi yang efektif untuk materi sudut di kelas V sekolah dasar, (2) menganalisis tingkat validitas bahan ajar yang dikembangkan dalam meningkatkan pemahaman konsep sudut pada peserta didik, (3) menganalisis tingkat kepraktisan bahan ajar matematika berbasis kearifan lokal Jambi materi sudut di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and development (R&D) dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Development, dessiminate). Adapun data pada penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa saran dan komentar dari validator, ahli praktisi serta pendapat peserta didik mengenai produk yang dikembangkan. Sedangkan data kuantitatif berupa hasil perolehan angket validasi materi, bahasa dan media, angket respon pendidik dan peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SDN 187/1 Teratai. Data penelitian diperoleh melaluiangket validasi para ahli, angket praktisi, angket respon peserta didik, observasi dan wawancara. Kemudian data dianalisis untuk mengetahui Tingkat validitas dan kepraktisan produk. Hasil penelitian dan pengembangan meliputi (1) bahan ajar berupa modul pembelajaran berbasis kearifan lokal pada materi sudut di krlas v sekolah dasar, (2) hasil validasi modul dari validasi materi dengan skor rata-rata 4,55 dalam kategori sangat valid, dan hasil validasi Bahasa memperoleh hasil rata-rata 5 dengan kategori sangat valid, dan hasil validasi media memperoleh hasil 4,5 dengan kategori sangat valid. (3) Hasil kepraktisan modul dari angket respon peserta didik dengan skor rata-rata 4,6 dalam kategori sangat praktis dan hasil angket respon peserta didik dengan skor 32,5 dalam kategori sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal pada materi sudut di kelas V sekolah dasar sangat valid dan sangat praktis.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, Kearifan Lokal, Matematika, Model 4D |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Siti Rahana |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 04:19 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 04:19 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81196 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |