Ramadhana, Indah Permata (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Case Method Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Fase E SMA Negeri 10 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (184kB) |
Abstract
Rendahnya Kemampuan Berpikir kritis siswa kelas X Fase E di SMA Negeri 10 Muaro Jambi pada mata pelajaran ekonomi disebabkan dari respon siswa yang kurang terbuka dalam menyikapi perbedaan pendapat antar kelompok diskusi, kurangnya inisiatif siswa untuk ikut terlibat dalam kegiatan proses pembelajaran dan lebih fokus menggunakan handphone pada proses pembelajaran tanpa berpikir kritis lalu kurangnya kemampuan siswa dalam menghubungkan konsep pelajaran dengan isu-isu aktual. Penelirian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran case method untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi Fase E SMA Negeri 10 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif denan metode eksperimen, dengan desain penelitian Quasi-Eksperimen Non-equivalent Control Group Design. Sumber data penelitian ini menggunakan data primer dari siswa kelas X E3 dan XE1 yang merupakan kelas di SMA Negeri 10 Muaro Jambi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pretest-posttest yang berbentuk soal uraian untuk mengukur hasil kemampuan berpikir kritis. Dan mengolah data menggunakan aplikasi SPPS.24. Hasilnya terlihat bahwa kelas eksperimen mendapatkan perlakuan menggunakan model pembelajaran case method mendapatkan hasil belajar yang lebih naik dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol, dengan tingkat N.Gain kelas eksperimen 0.570278 (sedang) dan kelas kontrol 0.130833 (Rendah). Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran case method untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Fase E SMA Negeri 10 Muaro Jambi
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Case Method, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | INDAH PERMATA RAMADHANA |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 08:04 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 08:04 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81257 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |