Mayshinta, Rosa and Wahyuni, Ira and Effran, Endy (2025) ANALISIS BAURAN PEMASARAN KERIPIK PISANG PADA AGROINDUSTRI DARMA JAYA DI KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (661kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (51kB) |
![]() |
Text
COVER(2)(1).pdf Download (65kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (691kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI ROSA MAYSHINTA.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (406kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan gambaran umum Agroindustri Darma Jaya (2) Menganalisis strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang diterapkan Agroindustri Darma Jaya. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan penilaian menggunakan skala likert (4,3,2,1) . Jumlah Responden dalam penelitian ini adalah 30 orang konsumen keripik pisang Agroindustri Darma Jaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kegiatan proses produksi Agroindustri Darma Jaya dilakukan dengan mengolah bahan baku utama berupa pisang tanduk menjadi keripik pisang dalam berbagai varian rasa, dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 15 orang. Produksi dilakukan setiap hari dan produk disalurkan kepada distributor dan reseller. (2) Penerapan elemen bauran pemasaran (marketing mix) 7P Agroindustri Darma Jaya yaitu aspek produk (product), harga (price), tempat (place), orang (people), dan proses (process) menunjukkan kategori baik berdasarkan kecenderungan skor rata-rata. Namun, masih memiliki aspek yang masuk dalam kategori kurang baik yaitu promosi (promotion) dan bukti fisik (physical evidence). Oleh karena itu, Agroindustri Darma Jaya disarankan untuk mempertahankan serta meningkatkan kualitas pada aspek-aspek yang sudah baik dan melakukan pembenahan pada aspek yang masih kurang optimal, khususnya pada strategi promosi (promotion) dan peningkatan bukti fisik (physical evidence). Kata Kunci : Agroindustri, Bauran pemasaran, Keripik Pisang dan Skala Likert This research aims to (1) Describe the general picture of Darma Jaya Agroindustry (2) Analyze the marketing mix strategy applied by Darma Jaya Agroindustry. The analysis method used is quantitative descriptive with an assessment using a Likert scale (4,3,2,1). The number of respondents in this research was 30 consumers of Agroindustry Darma Jaya banana chips. The result of this research show that : (1) The production process activities of Agroindustry Darma Jaya are carried out by processing the main raw material in the form of horn bananas into banana chips in various flavors, with a workforce of 15 people. Production is carried out every day and the products are distributed to distributors and resellers. (2) The application of the marketing mix elements of 7P Agroindustry Darma Jaya, namely the aspects of product, price, place, people, and process, shows a good category based on the tendency of the averafe score. However, it still has aspects that fall into the less good category, namely promotion and physical evidence. Thefore, Darma Jaya Agroindustry is advised to maintain and improve the quality of aspects that are already good and make improvements to aspects that are still less than optimal, especially in term of promotion strategies and improving physical evidence. Keywords: Marketing mix, Banana chips, Agroindustry, Likert scale
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Agroindustri, Bauran pemasaran, Keripik Pisang dan Skala Likert |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Mayshinta |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 07:36 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 07:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81549 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |