SRI WARSINI, ENDANG MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI FABEL DENGAN MENERAPKAN METODE TALKING STICK SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 5 KOTA JAMBI. JURNAL MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI FABEL DENGAN MENERAPKAN METODE TALKING STICK SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 5 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
HALAMAN SAMPUL.docx Download (26kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx Download (13kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (22kB) |
![]() |
Text
BAB I.docx Download (22kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (91kB) |
Abstract
ABSTRAK Warsini, Endang Sri. 2019. Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Kembali Fabel dengan Menerapkan Metode Talking Stick Siswa Kelas VII E SMP Negeri 5 Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. H. Yundi Fitrah, Drs., M.Hum., Ph.D. (II) Dra. Rasdawita, M.M. Kata kunci : Menceritakan Kembali Fabel , Talking Stick Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menceritakan kembali fabel dengan menerapkan metode talking stick siswa kelas VII E SMP Negeri 5 Kota Jambi. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa menceritakan kembali secara lisan masih kurang. Permasalahan ini memerlukan metode yang tepat dalam proses pembelajaran. Peneliti menggunakan metode talking stick dalam proses pembelajaran menceritakan kembali fabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri atas beberapa tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 5 Kota Jambi yang berjumlah 38 siswa. Objek penelitian adalah kemampuan menceritakan kembali fabel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa metode talking stick dapat meningkatkan kemampuan siswa menceritakan kembali. Peningkatan ditunjukkan dengan nilai kemampuan menceritakan kembali fabel. Nilai rata-rata nilai pada pratindakan siswa sebesar 58,5 dengan persentase ketuntasan sebesar 26,3%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata siswa mencapai 73,6. dengan persentase ketuntasan mencapai 57,8%. Hal ini menunjukkan peningkatan nilai rata-rata sebesar 15,1. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II, nilai rata-rata pada siklus II mencapai 82 dengan persentase ketuntasan 81,5%. Hal ini menunjukkan peningkatan nilai rata-rata sebesar 8,4 dari siklus I dan 23,5 dari pratindakan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode talking stick dapat meningkatkan kemampuan menceritakan kembali fabel siswa kelas VII E SMP Negeri 5 Kota Jambi. Implikasi dalam penelitian ini sebagai masukan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada guru mengenai metode talking stick. Peneliti menyarankan agar guru menerapkan metode talking stick dalam pembelajaran menceritakan kembali fabel karena terbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa menceritakan kembali fabel. Penelitian ini dapat dikembangkan untuk penelitian selanjutnya dan memberikan pengalaman belajar yang dapat menumbuhkan inovasi dalam kemampuan menceritakan kembali.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ENDANG SRI WARSINI |
Date Deposited: | 04 Jul 2019 09:02 |
Last Modified: | 04 Jul 2019 09:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8158 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |