Anjarwati, Iin (2025) Implementasi Model Read, Answer, Discuss, Explain, And Create (RADEC) dalam Pembelajaran Teks Berita Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI IIN ANJARWATI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Model pembelajaran RADEC adalah model pembelajaran yang berupaya untuk menstimulus peserta didik agar memiliki keterampilan tinggi. Model pembelajaran RADEC merupakan salah satu model pembelajaran yang kegiatanya berpusat pada siswa. Dengan menggunakan model pembelajaran RADEC ada beberapa keterampilan yang akan ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, and Create (RADEC) dalam pembelajaran teks berita pada siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Kota Jambi. Model RADEC dipilih karena berfokus pada keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, serta memperkuat pemahaman konsep melalui diskusi dan pembuatan karya. Penelitian menggunakan Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang kemudian dijelaskan secara deskriptif. Sumber data pada penelitian ini yaitu guru Bahasa Indonesia kelas VII F dan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi sumber data pada penelitian ini yaitu guru Bahasa Indonesia kelas VII F. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pembelajaran teks berita menggunakan model Model RADEC terlaksana sesuai dengan langkahlangkah menerapkan model RADEC, dan modul ajar yang telah dirancang. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa model RADEC memberikan ruang bagi siswa untuk membangun pengetahuan secara mandiri, berdiskusi, berinteraksi, serta menciptakan karya tulis berupa teks berita sesuai kaidah yang berlaku dan juga mendukung kemampuan menulis siswa ketika proses penerapannya. The RADEC learning model is a learning model that seeks to stimulate students to have high skills. The RADEC learning model is a learning model whose activities are student-centered. By using the RADEC learning model there are several skills that will be improved. This research aims to describe the implementation of the Read, Answer, Discuss, Explain, and Create (RADEC) learning model in learning news texts for class VII students at SMP Negeri 7 Jambi City. The RADEC model was chosen because it focuses on students' active involvement in the learning process, improving critical thinking skills, and strengthening understanding of concepts through discussion and creation of work. The research method used was qualitative with a case study approach which was then explained descriptively. The data source in this research is the Indonesian language teacher class VII F and the data was obtained through observation, interviews and documentation studies. The data source in this research is the Indonesian language teacher class VII F. The research results obtained show that learning news texts using the RADEC model is carried out in accordance with the steps for implementing the RADEC model and the teaching modules that have been designed. This research also shows that the RADEC model provides space for students to build knowledge independently, discuss, interact, and create written works in the form of news texts according to applicable rules and also supports students' writing skills during the implementation process.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, RADEC, Teks Berita. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Iin anjarwati |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 07:48 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 07:48 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81652 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |