PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI WORDWALL MATERI KERAGAMAN BUDAYA PADA KELAS III SEKOLAH DASAR

Meidiana, Meidiana (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI WORDWALL MATERI KERAGAMAN BUDAYA PADA KELAS III SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (17kB)
[img] Text
halaman pengesahan dan persetujuan.pdf

Download (610kB)
[img] Text
halaman pengesahan dan persetujuan.pdf

Download (610kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (68kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (153kB)
[img] Text
SKRIPSI_Meidiana_A1D119176.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Meidiana 2025. Pengembangan Media Pembelajaran Game Interaktif Menggunakan Aplikasi Wordwall Materi Keragaman Budaya pada Kelas III Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Anak Usia Dini dan Dasar, Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Maryono, M.Pd., (II) Dr. Eka Sastrawati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Game Interaktif, Wordwall Penelitian ini dilakukan untuk 1) Mendeskripsikan hasil analisis pengembangan media pembelajaran game interaktif menggunakan aplikasi wordwall materi keragaman budaya pada kelas III sekolah dasar, 2) Mendeskripsikan hasil validasi desain pengembangan media pembelajaran game interaktif menggunakan aplikasi wordwall materi keragaman budaya pada kelas III sekolah dasar, 3) Mendeskripsikan hasil validasi produk pengembangan media pembelajaran game interaktif menggunakan aplikasi wordwall materi keragaman budaya pada kelas III sekolah dasar, 4) Mendeskripsikan hasil implementasi pengembangan media pembelajaran game interaktif menggunakan aplikasi wordwall materi keragaman budaya pada kelas III sekolah dasar, 5) Mendeskripsikan hasil evaluasi pengembangan media pembelajaran game interaktif menggunakan aplikasi wordwall materi keragaman budaya pada kelas III sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan menerapkan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Data pada penelitian pengembangan ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Dengan data kualitatif berupa hasil wawancara dan observasi, serta data kuantitatif berupa hasil validasi dari validator design, validator materi, validator bahasa, dan hasil kepraktisan yang didapatkan dari pendidik dan peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SDN No.66/II Simp. Rantau Ikil. Hasil penelitian pengemabangan ini berupa produk media pembelajaran game interaktif menggunakan aplikasi wordwall materi keragaman budaya pada kelas III sekolah dasar dengan menerapkan model ADDIE. Hasil validasi ahli desain memperoleh persentase 100% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi produk oleh ahli materi memperoleh persentase 94,5% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi produk oleh ahli bahasa memperoleh persentase 78% dengan kategori valid. Hasil validasi kepraktisan yang dilakukan oleh pendidik memperoleh hasil 96% dengan kategori sangat praktis. Hasil validasi kepraktisan yang dilakukan oleh peserta didik dalam kelompok kecil dengan persentase rata-rata 88% dengan kategori sangat praktis. Dan hasil validasi kepraktisan yang dilakukan oleh peserta didik dalam kelompok besar dengan persentase rata-rata 94,6% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan pada hasil penelitian pengembangan ini dapat dirumuskan bahwa media pembelajaran game interaktif menggunakan aplikasi wordwall materi keragaman budaya pada kelas III sekolah dasar sangat valid dan sangat praktis.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran Game Interaktif, Wordwall
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Meidiana
Date Deposited: 07 Jul 2025 07:58
Last Modified: 07 Jul 2025 07:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81669

Actions (login required)

View Item View Item