YUSUF, AKHMAD (2025) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI KEBUGARAN JASMANI DI SMK NEGERI 4 KOTA JAMBI. S1 thesis, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
![]() |
Text
ABSTRAK YUSUF.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text
BAB I YUSUF.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text
BAB V YUSUF.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
COVER YUSUF.pdf Download (26kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA YUSUF.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN YUSUF.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI YUSUF FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Akhmad Yusuf. 2025. “Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Kebugaran Jasmani di SMK Negeri 4 Kota Jambi ”. Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr. Reza Hadinta, S.SI., M.Pd Pembimbing (II) Dr. Alek Oktadinata, S.Pd,.M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning, Kebugaan Jasmani, , Pendidikan Jasmani Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui Problem Based Learning pada materi kebugaran jasmani di SMK Negeri 4 Kota Jambi. Problem Based Learning dilakukan dengan memberikan permasalahan yang kerap terjadi pada kehidupan nyata dan kemudian saling berdiskusi untuk memperoleh penyelesaian dari masalah yang dibahas. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, di mana setiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes ujian pada materi kebugara jasmani Hasil penelitian menunjukkan bahwa Problem Based Learning memberikan dampak positif terhadap pembelajaran PJOK khususnya pada matri kebugaran jasmani. Pada siklus pertama, hanya 46,66% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dengan nilai ≥70. Namun, setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua, persentase siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 86,66%. Selain peningkatan hasil belajar, siswa juga menunjukkan motivasi dan partisipasi yang lebih tinggi selama pembelajaran berlangsung. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran kebugaran jasmani serta memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan aman bagi siswa. Diharapkan guru Pendidikan Jasmani dapat menerapkan inovasi serupa dalam pembelajaran PJOK untuk meningkatkan pola pikir dan minat siswa dalam berolahraga.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Kebugaan Jasmani, , Pendidikan Jasmani |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | YUSUF |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 08:12 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 08:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81700 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |