Chairatunisa, Chairatunisa (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GENIALLY BERBASIS POSNER'S CONCEPTUAL CHANGE THEORY UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI PADA KINEMATIKA GERAK LURUS. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN & PERSETUJUAN NISA.pdf Download (472kB) |
![]() |
Text
DAPUS SKRIPSI CHAIRATUNISA.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_A1C321025_CHAIRATUNISA TERBARU.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK SKRIPSI CHAIRATUNISA.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
BAB V SKRIPSI CHAIRATUNISA.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
BAB 1 SKRIPSI CHAIRATUNISA.pdf Download (369kB) |
![]() |
Text
COVER SKRIPSI CHAIRATUNISA.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
COVER SKRIPSI CHAIRATUNISA.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
COVER SKRIPSI CHAIRATUNISA.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_A1C321025_CHAIRATUNISA TERBARU.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Chairatuisa. 2025. Pengembangan Media Pembelajaran Genially Berbasis Posner's Conceptual Change Theory Untuk Mereduksi Miskonsepsi Pada Materi Kinematika Gerak Lurus: Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Prof. Drs. Maison, M.Si.,Ph.D. (II) M. Furqon, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Miskonsepsi, Genially, Mereduksi, Posner’s Conceptual Change Theory Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa, terutama karena banyak konsep di dalamnya bersifat abstrak dan tidak mudah dipahami. Salah satu topik yang paling sering menimbulkan miskonsepsi adalah kinematika gerak lurus. Banyak siswa mengalami kesulitan dalam membedakan antara jarak dan perpindahan, kecepatan dan kelajuan, serta memahami percepatan dan konsep gerak jatuh bebas. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Genially yang dirancang menggunakan pendekatan Conceptual Change Theory dari Posner. Teori ini menekankan pada pentingnya perubahan pemahaman siswa dari konsep yang salah ke arah konsep ilmiah yang benar, melalui proses pengenalan konflik kognitif dan pemberian konsep baru yang lebih logis dan bermanfaat. Model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), yang mencakup tahapan mulai dari analisis kebutuhan hingga penyebaran media pembelajaran. Validasi dilakukan oleh para ahli materi dan media, untuk menilai kesesuaian isi dan kelayakan teknis produk. Uji coba dilakukan kepada siswa kelas XI melalui pretest dan posttest menggunakan instrumen four-tier diagnostic test, guna mengukur tingkat miskonsepsi sebelum dan sesudah penggunaan media. Hasil uji coba menunjukkan adanya penurunan signifikan tingkat miskonsepsi siswa setelah menggunakan media pembelajaran tersebut. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Genially berbasis Conceptual Change efektif dalam mereduksi miskonsepsi dan membantu siswa memahami konsep kinematika gerak lurus dengan lebih baik. Selain itu, pendekatan ini juga dapat mendorong siswa untuk lebih aktif, berpikir kritis, serta lebih termotivasi dalam mengikuti pembelajaran fisika. Chairatuisa. 2025. Development of Genially-Based Learning Media Based on Posner's Conceptual Change Theory to Reduce Misconceptions in Linear Motion Kinematics Material: Thesis, Department of Mathematics and Natural Sciences Education, FKIP University of Jambi, Supervisor (I) Prof. Drs. Maison, M.Si., Ph.D. (II) M. Furqon, M.Pd. Keywords: Learning Media, Misconceptions, Genially, Reducing, Posner's Conceptual Change Theory Physics is one of the subjects considered difficult by most students, especially because many of its concepts are abstract and not easily understood. One of the topics that most frequently leads to misconceptions is the kinematics of linear motion. Many students struggle to distinguish between distance and displacement, speed and velocity, and to understand acceleration and the concept of free fall motion. To address this issue, this study aims to develop a Genially-based learning media designed using Posner’s Conceptual Change Theory approach. This theory emphasizes the importance of changing students' understanding from incorrect concepts to correct scientific concepts through the process of introducing cognitive conflict and providing new concepts that are more logical and beneficial. The research model used is the 4D development model (Define, Design, Develop, Disseminate), which includes stages from needs analysis to the dissemination of learning media. Validation was conducted by subject matter and media experts to assess the content appropriateness and technical feasibility of the product. A pilot test was conducted with 11th-grade students using a four-tier diagnostic test as a pretest and posttest to measure the level of misconceptions before and after using the media. The results of the pilot test showed a significant decrease in students' misconceptions after using the learning media. Thus, it can be concluded that the Genially-based Conceptual Change learning media is effective in reducing misconceptions and helping students better understand the concept of linear motion kinematics. Additionally, this approach can also encourage students to be more active, think critically, and be more motivated in participating in physics learning.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mereduksi, Conceptual Change, Posner's Theory |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | CHAIRATUNISA |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 01:59 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 01:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81725 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |