Ananda, Bagas Tri (2025) HUBUNGAN AKTIVITAS OLAHRAGA TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES MAHASISWA AKHIR ANGKATAN 2021 PENDIDIKAN OLAHRAGA DAN KESEHATAN UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
bab I (1).pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
bab v.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN.pdf Download (367kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI BAGAS TRI ANANDA 2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Bagas, Bagas Tri Ananda. 2025. Hubungan Aktivitas Olahraga Terhadap Penurunan Tingkat Stres Mahasiswa Akhir Angakatan 2021 Pendidikan Olahraga Dan KesehatanUniversitas Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Dr. Wawan Junresti Daya, S,Si., M.Pd., (2) Ceppy Pradana Putra, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: aktivitas olahraga; tingkat stres; mahasiswa akhir; DASS 42 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara aktivitas olahraga dengan penurunan tingkat stres pada mahasiswa akhir angkatan 2021 Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Jambi. Desain penelitian menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan potong lintang (cross-sectional). Sampel penelitian berjumlah 37 mahasiswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner DASS 42 (Depression Anxiety Stress Scale) untuk mengukur tingkat stres dan kuesioner aktivitas olahraga yang dikembangkan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki aktivitas olahraga pada kategori sedang (51,4%), diikuti kategori tinggi (21,6%), sangat tinggi (16,2%), dan rendah (10,8%). Sementara itu, tingkat stres mahasiswa dominan berada pada kategori normal (62,2%), diikuti kategori ringan (27%), dan sedang (10,8%). Analisis korelasi Spearman menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara aktivitas olahraga dengan tingkat stres dengan nilai p-value 0,001 (<0,05) dan koefisien korelasi -0,525, yang mengindikasikan hubungan sedang dengan arah negatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa semakin tinggi aktivitas olahraga yang dilakukan mahasiswa, semakin rendah tingkat stres yang dialami. Sebaliknya, mahasiswa yang jarang berolahraga cenderung memiliki tingkat stres yang lebih tinggi. Dengan demikian, aktivitas olahraga dapat menjadi strategi efektif dalam manajemen stres pada mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyelesaikan tugas akhir atau skripsi. Bagas, Bagas Tri Ananda. 2025. The Relationship between Sports Activities and the Decrease in Stress Levels of Final Year Students of the 2021 Class of Sports Education and Health Study Program, University of Jambi: Thesis, Sports Education and Health Study Program. Faculty of Teacher Training and Education, University of Jambi. Supervisors: (1) Dr. Wawan Junresti Daya, S,Si., M.Pd., (2) Ceppy Pradana Putra, S.Pd., M.Pd. Keywords: sports activities; stress levels; final year students; DASS 42 This study aims to analyze the relationship between sports activities and the decrease in stress levels in final year students of the 2021 Class of Sports Education and Health Study Program, University of Jambi. The research design used an analytical observational method with a cross-sectional approach. The research sample consisted of 37 students selected using the cluster random sampling technique. The data collection instrument used the DASS 42 (Depression Anxiety Stress Scale) questionnaire to measure stress levels and a sports activity questionnaire developed by the researcher. The results showed that most students had sports activities in the moderate category (51.4%), followed by high categories (21.6%), very high (16.2%), and low (10.8%). Meanwhile, the stress levels of students were predominantly in the normal category (62.2%), followed by light categories (27%), and moderate (10.8%). Spearman correlation analysis showed a significant relationship between sports activities and stress levels with a p-value of 0.001 (<0.05) and a correlation coefficient of -0.525, indicating a moderate relationship with a negative direction. This study concluded that the higher the sports activities carried out by students, the lower the stress levels experienced. Conversely, students who rarely exercise tend to have higher stress levels. Thus, sports activities can be an effective strategy in stress management for final year students who are completing their final assignments or theses.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Olahraga dan Kesehatan |
Depositing User: | ANANDA |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 03:00 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 03:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81908 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |