Nurjannah, Ely (2025) Peran Mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi dalam Penerapan Adaptasi Teknologi Pada Program Kampus Mengajar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
BAB I SKRIPSI ELY NURJANNAH.pdf Download (496kB) |
![]() |
Text
BAB V SKRIPSI ELY NURJANNAH.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI ELY NURJANNAH.pdf Download (434kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_ELY_NURJANNAH(A1D52143) FIXXX.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan.pdf Download (841kB) |
Abstract
Nurjannah, Ely (2025). Peran Mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Uiversitas Jambi dalam penerapan Adaptasi Teknologi pada Program Kampus Mengajar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi. Pembimbing Skripsi: (1) Dr. Sofyan, M.Pd (2) Yudo Handoko, M. Pd.I Kata Kunci: Peran Mahasiswa, Jurusan Ilmu Pendidikan, Kampus Mengajar, Adaptasi Teknologi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan adaptasi teknologi dalam program kampus mengajar yang diperankan oleh mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Penerapan adaptasi teknologi yang dilakukan oleh mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan dalam Program Kampus Mengajar yang menjadi fokus utama adalah pemahaman, tantangan, penerapan, pandangan dan dukungan mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan dalam adaptasi teknologi pada program kampus mengajar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah fenomenologi dalam metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, studi dokumen dan dokumentasi. informan penelitian terdiri dari 8 orang mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan yang terdiri dari 4 orang mahasiswa Program Studi Administrasi Pendidikan dan 4 orang mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling yang terlibat langsung dalam program kampus mengajar angkatan 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Mahasiswa menyadari bahwa teknologi sangat krusial dalam meningkatkan kualitas, pemerataan pendidikan, serta mendukung kemajuan ilmu pengetahuan sesuai perkembangan zaman. Dalam implementasinya, tantangan utama yang dihadapi adalah kesiapan sumber daya manusia (SDM) terutama guru yang berusia mendekati masa pensiun dan kualitas layanan teknologi di sekolah. Meskipun ada sekolah yang sudah siap, beberapa sekolah masih banyak yang kekurangan sarana, prasarana, dan kemampuan guru dalam teknologi terutama di tingkat Sekolah Dasar. Kolaborasi dan komunikasi yang baik antara mahasiswa dan guru menjadi kunci untuk mengatasi hambatan tersebut, sehingga integrasi teknologi dapat berjalan optimal. Penerapan teknologi selama program menunjukkan kemajuan, terutama dalam penguasaan TPACK, penggunaan komputer, internet, dan multimedia dalam pembelajaran. Pandangan mahasiswa terhadap efektivitas teknologi dalam pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kesiapan individu dalam menguasai teknologi, pemanfaatan TIK untuk komunikasi, dan pengembangan diri. Secara khusus, mahasiswa angkatan 5 berperan signifikan dalam mendukung adaptasi teknologi di kalangan siswa melalui pelatihan informal kepada guru, kolaborasi dalam penyusunan rencana pembelajaran inovatif, serta pendampingan pelaksanaan pre-test dan post-test AKM secara digital. Peran-peran ini memperkuat kontribusi mahasiswa dalam integrasi teknologi pendidikan di sekolah, meski masih terdapat berbagai keterbatasan sarana dan sumber daya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Mahasiswa, Jurusan Ilmu Pendidikan, Kampus Mengajar, Adaptasi Teknologi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ely Nurjannah |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 03:34 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 03:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81935 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |