Purba, Yance Pronika (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Materi Sistem Sirkulasi Darah Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
FULL SKRIPSII.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (850kB) |
Abstract
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Sirkulasi Darah, Website, Pengembangan, Minat Media pembelajaran berbasis website merupakan salah satu bentuk bahan ajar digital yang dirancang untuk menyajikan kegiatan pembelajaran secara interaktif dan kontekstual. Media pembelajaran ini dikembangkan dengan fokus pada materi sistem sirkulasi darah manusia, yang merupakan salah satu topik penting dalam mata pelajaran Biologi kelas XI SMA. Pemilihan materi ini didasarkan pada karakteristik konsep yang bersifat abstrak dan kompleks, sehingga seringkali sulit dipahami oleh siswa apabila hanya disampaikan secara konvensional tanpa dukungan media visual atau interaktif. Selain itu, materi sirkulasi darah memiliki keterkaitan erat dengan pemahaman tentang fungsi organ tubuh dan kesehatan manusia, sehingga penguasaannya menjadi sangat penting dalam membangun literasi sains peserta didik. Media pembelajaran ini dirancang agar dapat diakses melalui berbagai perangkat elektronik seperti laptop, tablet, dan smartphone, sehingga memungkinkan siswa untuk menggunakannya secara mandiri baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis website, menganalisis kelayakan media pembelajaran dan menganalisis penilaian subjek uji coba. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 14 Kota Jambi. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada siswa (sebagai data utama) dan wawancara dengan guru bidang studi biologi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah pengembangan (R&D) dengan model ASSURE. Subjek penelitian siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Kota Jambi. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa produk dinyatakan layak oleh validasi ahli materi memperoleh hasil persentase 96,88% dan validasi ahli media memperoleh persentase 93,75%. Hasil penilaian guru terhadap media pembelajaran memperoleh persentase 75% dengan kategori “layak” dapat diuji coba kepada siswa. Hasil uji coba kepada 6 orang siswa (kelompok kecil) memperoleh persentase 88,28%. Hasil uji coba kepada 21 orang siswa memperoleh persentase 90,70%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangakan layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Sirkulasi Darah, Website, Pengembangan, Minat |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | PURBA |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 06:56 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 06:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81991 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |