Ginting, Jane Fadilla Br (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOTION GRAPHIC PADA MATERI GAYA DI SEKITAR KITA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN & HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (906kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
BAB I..pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan prosedur pengembangan media pembelajaran Berbasis Motion Graphic Pada Materi Gaya di Sekitar Kita Kelas IV Sekolah Dasar. (2) Mendeskripsikan tingkat validitas media pembelajaran berbasis motion graphic pada materi Gaya di Sekitar Kita Kelas IV Sekolah Dasar. (3) Mendeskripsikan kepraktisan media pembelajaran berbasis motion graphic pada materi Gaya di Sekitar Kita kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation) yang dilakukan di SDN 14/I Sungai Baung. Adapun data pada penelitian ini terdiri dari data kualitatif berupa saran dan komentar dari validator, ahli praktisi serta pendapat peserta didik mengenai produk yang dikembangkan. Sedangkan data kuantitatif berupa hasil perolehan angket validasi bahasa, media, materi, angket respon pendidik dan peserta didik. Data penelitian diperoleh melalui angket validasi para ahli, angket praktisi, angket respon peserta didik, observasi dan wawancara. Kemudian data dianalisis untuk mengetahui tingkat validitas dan Tingkat kepraktisan produk. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa media pembelajaran berbasis motion graphic pada materi Gaya di Sekitar Kita di Kelas IV Sekolah Dasar, hasil uji validitas bahan ajar diantaranya hasil validitas bahan ajar dari validasi bahasa dengan persentase 86% dalam kategori sangat valid, hasil validasi media dengan skor rata-rata 94% dalam kategori sangat valid, dan hasil validasi materi dengan skor rata-rata 96% dalam kategori sangat valid, hasil kepraktisan media pembelajaran motion graphic dari angket respon pendidik dengan skor rata-rata 100% dalam kategori sangat praktis, dan hasil angket respon peserta didik dengan skor rata-rata 97,5% dalam kategori sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran berbasis motion graphic pada materi Gaya Di Sekitar Kita di Kelas IV Sekolah Dasar dengan model pengembangan ADDIE sangat valid dan sangat praktis.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, motion graphic, gaya di sekitar kita |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | GINTING |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 07:06 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 07:07 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82033 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |