Pengaruh Layanan Informasi melalui Media Video Short Movie untuk Persiapan Siswa memasuki Perguruan Tinggi di SMA Negeri 11 Muaro Jambi

Ezila Febyya.I, Bunga (2025) Pengaruh Layanan Informasi melalui Media Video Short Movie untuk Persiapan Siswa memasuki Perguruan Tinggi di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (306kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (265kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (213kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (199kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN 2.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh layanan informasi berbasis media video pendek (short movie) terhadap kesiapan siswa kelas XII SMAN 11 Muaro Jambi dalam memasuki perguruan tinggi. Latar belakang studi ini berangkat dari kebutuhan siswa akan informasi akurat, menarik, dan mudah diakses mengenai dunia perguruan tinggi, mengingat metode konvensional seperti brosur dinilai kurang efektif. Informasi yang disajikan dalam bentuk visual ini diharapkan mampu membantu siswa memahami proses seleksi perguruan tinggi, pilihan jurusan, dan kesiapan mental serta finansial. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain asosiatif. Sampel penelitian terdiri dari 95 siswa yang dipilih melalui purposive sampling, yaitu siswa kelas XII yang pernah menonton video pendek edukatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, serta analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media short movie memiliki pengaruh signifikan terhadap kesiapan siswa dalam menghadapi dunia perguruan tinggi. Hal ini ditunjukkan dari validitas instrumen yang tinggi serta hasil uji regresi yang menunjukkan hubungan positif antara layanan informasi berbasis video dengan peningkatan pengetahuan, motivasi, dan kesiapan siswa secara akademik, psikologis, sosial, dan finansial. Sehingga dapat dikatakan layanan informasi berbasis media video pendek dapat menjadi strategi efektif dalam bimbingan dan konseling sekolah untuk mempersiapkan siswa menghadapi pendidikan tinggi. Temuan penelitian menunjukkan nilai signifikansi uji regresi sebesar 0,000 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,987 yang berarti 98% . Dengan demikian media short movie terbukti efektif dalam menyampaikan layanan informasi kepada siswa. Media ini menyajikan informasi secara visual dan menarik, sehingga meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa, tetap mampu menarik perhatian, memberikan pengalaman belajar yang kontekstual dan juga terbukti efektif dalam membantu siswa memahami berbagai aspek penting terkait pendidikan lanjutan. Kata Kunci: Layanan Informasi, Media Video, Persiapan Siswa This study aims to analyze the influence of information services based on short video media (short movies) on the readiness of 12th-grade students at SMAN 11 Muaro Jambi in entering higher education. The background of this study stems from students’ need for accurate, engaging, and easily accessible information about the world of higher education, as conventional methods such as brochures are considered less effective. Information delivered through visual media is expected to help students better understand the university selection process, choice of majors, and their mental and financial preparedness. The research employed a quantitative approach with an associative design. The sample consisted of 95 12th-grade students selected through purposive sampling, namely those who had watched educational short videos. Data were collected through questionnaires, observation, interviews, and documentation, and were analyzed using validity tests, reliability tests, normality tests, and simple linear regression analysis. The results showed that short video-based information services had a significant influence on students’ readiness to enter higher education. This is evidenced by a regression significance value of 0.000 and a coefficient of determination (R²) of 0.987, indicating that 98% of the variance in students’ readiness can be explained by the short video media variable. This medium effectively enhances students’ knowledge, motivation, and readiness in academic, psychological, social, and financial aspects. Therefore, short video-based information services can serve as an effective strategy in school guidance and counseling programs to support students in preparing for higher education. Keywords: Information services, short video media, student readiness, higher education

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: BUNGA EZILA FEBYYA.I
Date Deposited: 08 Jul 2025 07:01
Last Modified: 08 Jul 2025 07:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82041

Actions (login required)

View Item View Item