PENGARUH BERMAIN KONSTRUKTIF TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI PAUD MELATI PEMATANG LINGKUNG KECAMATAN BATANG MERANGIN KERINCI

SANTRI HARDILA, MELTA PENGARUH BERMAIN KONSTRUKTIF TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI PAUD MELATI PEMATANG LINGKUNG KECAMATAN BATANG MERANGIN KERINCI. JURNAL PENGARUH BERMAIN KONSTRUKTIF TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI PAUD MELATI PEMATANG LINGKUNG KECAMATAN BATANG MERANGIN KERINCI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (398kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI PRINT.pdf

Download (85kB)

Abstract

ABSTRAK Hardila, Melta Santri. 2019. Pengaruh Bermain Konstruktif Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini di PAUD Melati Pematang Lingkung Kecamatan Batang Merangin Kerinci: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Nyimas Mu’azzomi, S.Ag., M.Pd.I., (II) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd. Kata Kunci: Bermain Konstruktif, Perkembangan Kreativitas Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya ide anak untuk menciptakan suatu hal yang berbeda, anak hanya menerima apa yang diberikan oleh guru dan kurang aktifnya anak dalam bertanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bermain konstruktif terhadap perkembangan kreativitas anak usia dini di PAUD Melati Pematang Lingkung Kecamatan Batang Merangin Kerinci. Dengan diterapkannya bermain konstruktif diharapkan perkembangan kreativitas anak akan mengalami peningkatan ke yang lebih baik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Jenis penelitian eksperimen yang dilakukan adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan terhitung mulai tanggal 18 Maret – 18 Mei 2019. Data perkembangan kreativitas anak melalui bermain konstruktif diperoleh dari pedoman angket. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik PAUD Melati Desa Pematang Lingkung Kecamatan Batang Merangin Kabupaten Kerinci pada kelas B1 yang terdiri dari 15 orang anak dan B2 terdiri dari 15 orang anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kreativitas anak dengan menggunakan bermain konstruktif mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai bahwa thitung > ttabel yaitu 5.6560 > 1,7011. T tabel didapat dari n1+n2-2 = 28 yang dalam distribusi T tabel didapat nilai 1,7011. Data tersebut menunjukan pengaruh yang signifikan, dengan kriteria interprestasi nilai cohen’s d 1.29 yang masuk dalam kategori kuat (strong effect). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa bermain konstruktif dapat mempengaruhi perkembangan kreativitas Anak Usia Dini. Adapun saran dalam penelitian ini yaitu semoga dengan adanya penelitian ini dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan perkembangan kreativitas anak usia dini.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MELTA SANTRI HARDILA
Date Deposited: 09 Jul 2019 03:12
Last Modified: 09 Jul 2019 03:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8206

Actions (login required)

View Item View Item