PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN BOWLING ARITMATIKA DI TK PARA BINTANG

SURIANI, ADE PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN BOWLING ARITMATIKA DI TK PARA BINTANG. JURNAL PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN BOWLING ARITMATIKA DI TK PARA BINTANG.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (12kB)
[img]
Preview
Image
lembar pengesahan.jpg

Download (159kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (192kB)
[img] Text
4. BAB V.pdf

Download (88kB)

Abstract

ABSTRAK Ade Suriani, 2018. Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Permainan Bowling Aritmatika TK Para Bintang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si (II) Nyimas Mu’azzomi S.Ag M.Pd.I. Kata Kunci : Kognitif, Permainan Bowling Aritmatika. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peningkatan perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun sebelum bermain bowling aritmatika, setelah bermain bowling aritmatika dan untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak di TK Para Bintang Kota Jambi. Subjeknya yaitu anak usia dini di kelas A yang berjumlah 9 anak diantaranya 8 anak perempuan dan 1 anak laki-laki. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah yang meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan melakukan refleksi pada akhir kegiatan.penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus masing-masing 6 kali pertemuan. Data hasil penelitian ini di analisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data diperoleh dengan cara mengisi lembar observasi dari pengamatan berupa catatan lapangan dan dokumetasi. Pengolahan data berkolaborasi dengan guru kelas dalam mengisi lembar observasi yang telah disediakan pada setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kognitif anak usia dini melalui permainan bowling aritmatika dikelompok A TK Para Bintang Kota Jambi yaitu: dari pratindakan 30,90%, siklus I pertemuan 1 34,00%, siklus I pertemuan 2 36,18%, siklus I pertemuan 3 40,27%, siklus I pertemuan 4 47,82%, siklus I pertemuan 4 47,82%, siklus I pertemuan 5 48,52%, siklus I pertemuan 6 51,35% siklus II pertemuan 1 55,16%, siklus II pertemuan 2 56,94%, siklus II pertemuan 3 58.07%, siklus II pertemuan 4 59,33% siklus II pertemuan 5 61,94%, siklus II pertemuan 6 63,28%, siklus II pertemuan 6 63,28%, siklus III pertemuan 1 67,01%, siklus III pertemuan 2 68,23%, siklus III pertemuan 3 69,23%, siklus III pertemuan 4 75,56%, siklus III pertemuan 5 81,93%, siklus III pertemuan 6 90,02% melebihi kriteria nilai ketuntasan. Jadi dapat disimpulkan bahwa perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun melalui permainan bowling aritmatika di kelompok A TK Para Bintang Kota Jambi mengalami peningkatan yang sangat baik melebihi kriteria keberhasilan 80%, maka penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ADE SURIANI
Date Deposited: 09 Jul 2019 03:23
Last Modified: 09 Jul 2019 03:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8225

Actions (login required)

View Item View Item