IMPLEMENTASI MANAJEMEN RISIKO KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) DALAM MENEKANKAN KREDIT BERMASALAH DI BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) TBK. KANTOR CABANG JAMBI

Sari, Milda Puspita (2025) IMPLEMENTASI MANAJEMEN RISIKO KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) DALAM MENEKANKAN KREDIT BERMASALAH DI BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) TBK. KANTOR CABANG JAMBI. D3 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Cover Laporan Tugas Akhir Milda Puspita Sari.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan Laporan Tugas Akhir Milda Puspita Sari.pdf

Download (277kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan Laporan Tugas Akhir Milda Puspita Sari.pdf

Download (294kB)
[img] Text
ABSTRAK Laporan Tugas Akhir Milda Puspita Sari.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB I Laporan Tugas Akhir Milda Puspita Sari.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB IV Laporan Tugas Akhir Milda Puspita Sari.pdf

Download (111kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Laporan Tugas Akhir Milda Puspita Sari.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Laporan Tugas Akhir Milda Puspita Sari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Laporan tugas akhir ini membahas Implementasi Manajemen Risiko Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam menekankan kredit bermasalah di PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Jambi. KUR merupakan salah satu program pemerintah untuk mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui pembiayaan berbunga rendah dan persyaratan yang lebih ringan. Namun, dalam praktiknya, tidak semua pembiayaan berjalan lancar. Risiko Kredit seperti keterlambatan pembayaran bahkan kredit macet masih menjadi tantangan bagi pihak perbankan. Dalam laporan ini, penulis menggunakan metode deskriftif kualitatif, yaitu dengan cara mengamati langsung proses kerja selama masa magang, melakukan wawancara informal dengan pegawai, serta mempelajari dokumen dan arsip yang berkaitan dengan proses penyaluran KUR. Hasil dari pengamatan menunjukan bahwa Bank BTN Kantor Cabang Jambi telah menerapkan langkah-langkah manajemen risiko seperti analisis kelayakan calon debitur, pengecekan saldo tabungan, survei lokasi usaha, serta monitoring setelah pencairan dana. Prosedur yang sistematis ini dilakukan agar dana KUR tepat sasaran dan tidak menjadi beban bagi bank. Selain itu, Bank BTN juga melakukan pengecekan sejak awal, seperti memberikan pemahaman kepada debitur dan mengecek riwayat pinjaman sebelumnya. Dari hasil pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan manajemen risiko di Bank BTN cukup efektif dalam mengurangi kredit bermasalah dan membantu penyaluran KUR menjadi lebih baik di wilayah Jambi. Kata Kunci: Kredit Usaha Rakyat, Kredit Bermasalah, Manajemen Risiko.

Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kredit Usaha Rakyat, Kredit Bermasalah, Manajemen Risiko.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > DIII Akuntansi
Depositing User: MILDA PUSPITA SARI
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:38
Last Modified: 09 Jul 2025 03:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82340

Actions (login required)

View Item View Item