Tsalasatun, Annisa (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (502kB) |
![]() |
Text
Skripsi Annisa Tsalasatun (A1C421003).pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Kata Kunci: Ketergantungan siswa, Keterampilan Kolaborasi, TGT. Permasalahan di pembelajaran masih banyak dijumpai, salah satunya yaitu rendahnya partisipasi aktif siswa di kelas, beberapa siswa cenderung pasif dan kurang terlibat dalam kegiatan pembelajaran bahkan memanfaatkan waktu belajar untuk becerita. permasalahan lain yang ditemukan adalah siswa cenderung aktif dengan teman yang disukai dan ketergantungan terhadap siswa yang dianggap lebih pintar, serta saat proses belajar mengajar di dalam kelas guru masih menjadi pusat pembelajaran bagi siswa, peran guru masih sangat dominan sehingga berdampak kurang mandirinya siswa saat belajar. Indikator kolaborasi yang belum terpenuhi seperti terdapat siswa yang mengandalkan teman sekelompoknya sebanyak 64,3 %, kurangnya pemanfaatan waktu yang efisien dalam mengerjakan tugas dari guru sebanyak 51,4%, dan tidak bertanggung jawab dengan tugas kelompok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap keterampilan kolaborasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Exsperimental Design) dengan desain penelitian Pretest Posttest design with nonequivalent groups. Teknik pengambilan sampel yaitu Teknik purposive sampling. Sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas 8.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas 8.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu berupa lembar observasi keterampilan kolaborasi untuk pretest dan posttest. Pada penelitian ini dilakukan uji prasyarat untuk uji one way ancova namun asumsi tidak terpenuhi maka dilakukan uji quades rank. Hasil uji quade’s Rank yaitu [p< 0,001, η2=0,094] hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sedang dari keterampilan kolaborasi siswa SMP kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ketergantungan siswa, Keterampilan Kolaborasi, TGT. |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Tsalasatun |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 04:05 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 04:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82497 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |