Samudra, Andika (2025) ANALISIS NILAI-NILAI GOTONG ROYONG SISWA DALAM PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Skripsi_A1D121071_Andika_Samudra_final revisi.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
Cover Skripsi Andika Samudra.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan Andika Samudra _2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (202kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan nilai-nilai kolaborasi siswa dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) kelas IV A di SD Negeri 057/I KM V Muara Tembesi, (2) Mendeskripsikan nilai-nilai kepedulian siswa dalam P5, dan (3) Mendeskripsikan nilai-nilai berbagi siswa dalam P5. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sumber data berasal dari observasi langsung terhadap siswa kelas IV A yang berjumlah 13 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen observasi berdasarkan indikator yang dikembangkan dari dimensi gotong royong dalam Profil Pelajar Pancasila, yaitu kolaborasi, kepedulian, dan berbagi. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kolaborasi siswa berada pada kategori Baik, berdasarkan rata-rata skor keempat indikator utama, yaitu kerja sama (3,07), komunikasi (2,92), saling ketergantungan positif (3,23), dan koordinasi sosial (2,92). Pada aspek kepedulian, yang mencakup indikator tanggap terhadap lingkungan sosial dan persepsi sosial, rata-rata skor masing-masing adalah 2,92, juga termasuk dalam kategori Baik. Sementara itu, pada aspek berbagi, siswa memperoleh rata-rata skor 3,07, yang tergolong dalam kategori Baik. Secara umum, nilai gotong royong siswa dalam kegiatan P5 berada pada kategori Baik, dengan aspek kolaborasi, kepedulian, dan berbagi yang telah berkembang secara positif. Meskipun demikian, penguatan lebih lanjut masih diperlukan, terutama untuk mendorong inisiatif siswa dalam berbagi secara lebih luas dan meningkatkan konsistensi perilaku kepedulian sosial dalam berbagai situasi pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gotong royong, kolaborasi, kepedulian, berbagi, P5 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | SAMUDRA |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 07:09 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 07:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82611 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |