Azri, Raihana Putri Eka (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Skripsi Full Raihana Putri Eka Azri.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
Cover Skripsi Raihana Putri Eka Azri.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan Raihana Putri Eka Azri.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK RAIHANA PUTRI EKA AZRI.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
BAB I RAIHANA PUTRI EKA AZRI.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
BAB V RAIHANA PUTRI EKA AZRI.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA RAIHANA PUTRI EKA AZRI.pdf Download (184kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan hasil analisis pengembangan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline pada materi sistem pernapasan manusia, (2) Mendeskripsikan hasil validasi desain storyboard multimedia pembelajaran interaktif, (3) Mendeskripsikan hasil validasi produk multimedia pembelajaran interaktif oleh ahli materi, media, dan bahasa, (4) Mendeskripsikan hasil implementasi produk multimedia pembelajaran interaktif, dan (5) Mendeskripsikan hasil evaluasi pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada materi sistem pernapasan manusia kelas V SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data diperoleh dari validator, guru, dan peserta didik. Data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran validator, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari angket validasi ahli desain, materi, media, bahasa, angket praktisi, dan angket respon peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 57/I KM V Muara Tembesi. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa multimedia pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline pada pembelajaran IPAS materi sistem pernapasan manusia kelas V Sekolah Dasar. Hasil validasi ahli desain memperoleh skor rata-rata 5,00 dengan kategori sangat valid. Validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,33 dengan kategori sangat valid. Validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 5,00 dengan kategori sangat valid. Validasi ahli bahasa memperoleh skor rata-rata 4,8 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan produk berdasarkan angket praktisi (guru) memperoleh skor rata-rata 4,8 dengan kategori sangat praktis. Respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata-rata 4,72 dan kelompok besar 4,69, keduanya termasuk dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline pada pembelajaran IPAS materi sistem pernapasan manusia kelas V Sekolah Dasar ini sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dasar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, multimedia pembelajaran interaktif, Articulate Storyline, sistem pernapasan manusia |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | RAIHANA PUTRI EKA AZRI |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 07:07 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 07:08 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82612 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |