Nur, Revicha (2025) PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN APLIKASI LIVEWORKSHEET PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI TRANSFORMASI ENERGI KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (343kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (327kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (448kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan hasil analisis Pengembangan LKPD Elektronik Berbasis Pembelajaran Kontekstual Menggunakan Aplikasi Liveworksheet pada pembelajaran IPAS Materi Transformasi Energi Kelas IV Sekolah Dasar. (2) Mendeskripsikan hasil validasi desain Pengembangan LKPD Elektronik Berbasis Pembelajaran Kontekstual Menggunakan Aplikasi LiveWorksheet Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Transformasi Energi Di Sekitar Kita Kelas IV Sekolah Dasar. (3) Mendeskripsikan hasil validasi produk Pengembangan LKPD Elektronik Berbasis Pembelajaran Kontekstual Menggunakan Aplikasi Liveworksheet pada pembelajaran IPAS Materi Transformasi Energi Kelas IV Sekolah Dasar. (4) Mendeskripsikan hasil kepraktisan produk Pengembangan LKPD Elektronik Berbasis Pembelajaran Kontekstual Menggunakan Aplikasi Liveworksheet pada pembelajaran IPAS Materi Transformasi Energi Kelas IV Sekolah Dasar. (5) Mendeskripsikan hasil evaluasi produk Pengembangan LKPD Elektronik Berbasis Pembelajaran Kontekstual Menggunakan Aplikasi Liveworksheet pada pembelajaran IPAS Materi Transformasi Energi Kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reseacrh and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Jenis data pada penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber data penelitian didapat dari validator, guru dan peserta didik. Data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran perbaikan dari validator sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil angket validasi ahli desain, materi, media, bahasa serta angket praktisi dan angket respon peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SDN 182/I Hutan Lindung. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa LKPD elektronik berbasis pembelajaran kontekstual menggunakan aplikasi Liveworksheet. Hasil validasi ahli desain memperoleh rata rata 99, 22% dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi materi memperoleh rata rata 95% dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi bahasa memperoleh rata-rata 92,5% dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi media memperoleh rata-rata 97,37% dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan produk diperoleh dari angket praktisi guru dengan rata-rata 100% dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan kepraktisan dari perolehan angket respon peserta didik kelompok kecil dengan rata-rata 99,27% dengan kriteria sangat praktis, respon peserta didik kelompok besar dengan rata-rata 99,37% dengan kriteria sangat praktis.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD elektronik, pembelajaran kontekstual, Liveworksheet, transformasi energi, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Nur |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 07:05 |
Last Modified: | 02 Aug 2025 07:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82881 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |