Hadi, Fuji (2025) HUBUNGAN SELF CONTROL (KONTROL DIRI) TERHADAP PERILAKU MEMBOLOS SISWA DI SMAN 10 MERANGIN. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (301kB) |
Abstract
Membolos merupakan salah satu bentuk pelanggaran disiplin yang dapat berdampak negatif terhadap proses belajar mengajar dan pembentukan karakter siswa. Fenomena ini menjadi perhatian serius di SMAN 10 Merangin sehingga mendorong dilakukannya penelitian untuk mengetahui pengaruh pengendalian diri terhadap pembolosan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 49 orang yang sekaligus dijadikan sampel penelitian melalui teknik total sampling. Instrumen pengumpulan data berupa angket skala likert yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan melalui uji asumsi statistik (uji normalitas dan linearitas) yang dilanjutkan dengan analisis korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku pembolosan berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 69%, sedangkan pengendalian diri siswa juga berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 73,55%. Uji korelasi menghasilkan nilai koefisien sebesar -0,616 dengan signifikansi sebesar 0,000 yang menunjukkan adanya hubungan negatif dan signifikan antara pengendalian diri dengan perilaku pembolosan. Semakin tinggi tingkat pengendalian diri siswa, semakin rendah kecenderungan mereka untuk membolos. Hasil ini memperkuat temuan sebelumnya tentang pentingnya penguatan pengendalian diri sebagai tindakan pencegahan terhadap perilaku menyimpang di sekolah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | HADI |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 08:37 |
Last Modified: | 02 Aug 2025 05:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82903 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |