Natanoel, Ade Petrus (2025) ANALISIS KARAKTERISTIK KECELAKAAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN MUARA TEMBESI - MUARA BULIAN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Full Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (56kB) |
![]() |
Text
pengesahan (1).pdf Download (686kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (976kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (95kB) |
Abstract
Ruas Jalan Muara Tembesi – Muara Mulian merupakan ruas jalan yang ada diwilayah Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi. Berdasarkan hasil survei pendahuluan ruas jalan tersebut menyumbang 10,82% dari 157 total jumlah kecelakaan pada tahun 2022 yang ada di Kabupaten Batanghari. Tingginya angka kecelakaan pada ruas jalan muara tembesi – muara bulian mengindikasikan menurunnya kinerja ruas jalan dan dapat membahayakan keselamatan pengguna jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kecelakaan yang terjadi pada ruas jalan Muara Tembesi - Muara Bulian. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan analisis data sekunder. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode uji korelasi menggunakan program software SPSS (Statistical Product and Service Solutions) untuk melihat keeratan hubungan jumlah kecelakaan yang terjadi dengan karakteristik kecelakaan. Analisa kecelakaan lalu lintas dilakukan berdasarkan karakteristik kecelakaan yaitu tipe kecelakaan, pola waktu kejadian, jenis kendaraan yang terlibat, serta faktor penyebab terjadinya kecelakaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat di identifikasi bahwa Jenis kecelakaan yang paling sering terjadi yaitu tipe tabrak depan-depan sebanyak 36 kejadian dengan nilai pearson correlation 0,923, Waktu terjadinya kecelakaan yang paling sering terjadi yaitu pada pagi hari antara pukul 06.00 s/d 12.00 sebanyak 26 kejadian dengan nilai pearson correlation 0,923, Jenis kendaraan yang paling banyak terlibat yaitu sepeda motor sebanyak 60 kendaraan dengan nilai pearson correlation 0,944, Faktor pengemudi menjadi faktor yang paling sering mengakibatkan kecelakaan sebanyak 43 kejadian dengan nilai pearson correlation 0,983.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakteristik Kecelakaan lalu lintas, SPSS, Uji Korelasi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | NATANOEL |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 03:13 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 03:13 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82937 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |