PENGARUH VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KOSAKATA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT AL-AZHAR KOTA JAMBI

Ananda, Nur Arani (2025) PENGARUH VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KOSAKATA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT AL-AZHAR KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (165kB)
[img] Text
bab (1).pdf

Download (228kB)
[img] Text
bab (5).pdf

Download (189kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (135kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN 1.pdf

Download (216kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Ananda Nur Arani, 2025. Pengaruh Video Animasi Terhadap Kemampuan Mengenal Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Al-Azhar Kota Jambi:Skripsi. Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, jurusan Anak Usia Dini dan Dasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Dr. Indryani, S.Pd., M.Pd.I.(II) Winda Sherly Utami, M.Pd. Kata Kunci: Video Animasi, Kemampuan Kosakata Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video animasi terhadap kemampuan mengenal kosakata anak usia 5–6 tahun di TK IT Al-Azhar Kota Jambi. Permasalahan utama yang ditemukan di lapangan adalah rendahnya penguasaan kosakata anak yang berdampak pada kesulitan dalam memahami cerita, menjawab pertanyaan, dan mengekspresikan ide secara verbal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental berbentuk one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian berjumlah 11 anak yang diberikan perlakuan berupa penggunaan media video animasi dalam proses pembelajaran kosakata selama enam kali pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi menggunakan lembar observasi yang mencakup lima indikator kemampuan kosakata. Teknik analisis data yang digunakan adalah, uji validitas dan reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata skor kemampuan kosakata dari pretest sebesar 17,09 menjadi 32,64 pada posttest. Uji paired t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan video animasi terhadap peningkatan kemampuan kosakata anak. Selain itu, perhitungan effect size menggunakan rumus Cohen’s d memperoleh nilai sebesar 4,99 yang termasuk kategori pengaruh sangat kuat (strong effect). Dengan demikian, media video animasi terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan kosakata anak usia dini.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Video Animasi, Kemampuan Kosakata
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: NUR ARANI ANANDA
Date Deposited: 10 Jul 2025 08:46
Last Modified: 02 Aug 2025 05:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83095

Actions (login required)

View Item View Item