Agustin, Salma Pratiwi (2025) Eksplorasi terhadap Pemahaman, Keaktifan, dan Prestasi Belajar IPAS Materi Pengecekan Keaslian Uang Menggunakan Media Dadu Adiksimba Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (729kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (16kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tingkat pemahaman, keaktifan, dan prestasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar terhadap pembelajaran IPAS materi pengecekan keaslian uang setelah guru menggunakan media dadu ADIKSIMBA dan mendeskripsikan keefektivan penggunaan dadu ADIKSIMBA sebagai media pembelajaran IPAS materi pengecekan keaslian uang. Persoalan mendasar dalam setiap pelaksanaan pembelajaran, termasuk pembelajaran IPAS adalah bagaimana guru dapat mengelola pembelajaran yang membuat siswa paham, aktif, dan pada akhirnya memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Diperlukan materi pembelajaran yang menarik dan relevan, serta metode pembelajaran yang dapat membantu siswa memahami konsep-konsep yang kompleks dengan cara yang lebih mudah dan menyenangkan. Salah satu media yang dapat digunakan adalah dadu ADIKSIMBA. ADIKSIMBA terdiri atas kata tanya "apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana". Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian eksploratif. Penelitian ini mengumpulkan data berupa informasi yang terhimpun dari kata-kata yang diperoleh melalui wawancara dengan narasumber dan observasi. Data bersumber dari informasi yang diberikan oleh responden dan catatan peneliti yang diperoleh pada saat observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan media dadu ADIKSIMBA dalam pembelajaran IPAS materi pengecekan keaslian uang memberikan dampak positif terhadap pemahaman, keaktifan, dan prestasi belajar siswa kelas IV. Selain itu, prestasi belajar siswa juga meningkat melalui evaluasi yang rutin dan kolaborasi dengan orang tua. Guru secara aktif memantau kemajuan belajar siswa dan memberikan bimbingan yang tepat sasaran, sementara kolaborasi dengan orang tua membantu menciptakan lingkungan belajar yang mendukung baik di rumah maupun di sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif seperti dadu ADIKSIMBA dapat menjadi model untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Agustin |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 07:38 |
Last Modified: | 02 Aug 2025 06:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83150 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |