PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI

Rismalia, Rismalia PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI. JURNAL PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (173kB)
[img] Text
4. HALAMAN PENGESAHAN RISMALIA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (85kB)

Abstract

ABSTRAK Rismalia. 2019. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Keterampilan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan PBS, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing I Drs. Andiopenta Purba, M.Hum dan Pembimbing II Drs. Eddy Pahar Harahap, M.Pd Kata kunci: Model Student Team Achievement Division (STAD), Keterampilan Menulis Naskah Drama Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran student team achievement division (STAD) terhadap keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik eksperimen. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen Design) dengan rancangan desain non equivalent control group desain. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Hasil penelitian yang diperoleh, rata-rata nilai dari kelas eksperimen (73,34) dan rata-rata nilai dari kelas kontrol (67,31). setelah dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t, maka diperoleh nilai thitung = 3,01711 sedangkan ttabel = 1,6698. Kriteria pengujiannya jika thitung > ttabel (3,0171 > 1,6698) maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran student team achievement division (STAD) terhadap keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran student team achievement division (STAD) terhadap keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Maka dapat disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran student team achievement division (STAD) pada proses pembelajaran terutama dalam menulis naskah drama.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Rismalia
Date Deposited: 12 Jul 2019 02:43
Last Modified: 12 Jul 2019 02:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8331

Actions (login required)

View Item View Item