Zani, Yulia (2025) HUBUNGAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA RAKYAT TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS VII MTSN 6 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (345kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (332kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (48kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (416kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Kata Kunci: keterampilan menyimak, keterampilan menulis, cerita rakyat, teks narasi, korelasi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan menyimak cerita rakyat, keterampilan menulis teks narasi, dan hubungan antara keduanya pada siswa kelas VII MTsN 6 Kota Jambi. Keterampilan menyimak merupakan dasar penting dalam penguasaan keterampilan berbahasa lainnya, termasuk menulis. Cerita rakyat dipilih sebagai media karena mengandung unsur naratif dan nilai budaya yang mampu merangsang daya pikir dan kreativitas siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan teknik pengumpulan data berupa tes objektif untuk menyimak dan tes unjuk kerja untuk menulis teks narasi. Sampel penelitian berjumlah 27 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menyimak siswa berada dalam kategori baik dengan rata-rata nilai 81,26, dan keterampilan menulis teks narasi yang berada dalam kategori cukup baik dengan rata-rata nilai 73,70. Selain itu, terdapat hubungan positif dan signifikan antara keterampilan menyimak dan menulis. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rhitung > rtabel yaitu sebesar 0,454>0,381 dan signifikansi 0,017. Temuan ini menunjukkan pentingnya integrasi keterampilan menyimak dan menulis dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya melalui media cerita rakyat. ABSTRACT Keywords: listening skills, writing skills, folktales, narrative texts, correlation This study aims to determine the level of listening skills for folktales, writing skills for narrative texts, and the relationship between the two in seventh-grade students at MTsN 6 Jambi City. Listening skills are an important foundation for mastering other language skills, including writing. Folktales were chosen as a medium because they contain narrative elements and cultural values that can stimulate students' thinking and creativity. This study used a quantitative correlational approach with data collection techniques in the form of objective tests for listening and performance tests for writing narrative texts. The study sample consisted of 27 students selected through purposive sampling. The results showed that students' listening skills were in the good category with an average score of 81.26, and their narrative writing skills were in the fair category with an average score of 73.70. Furthermore, there was a positive and significant relationship between listening and writing skills. This is indicated by the calculated r value > r table, which is 0.454 > 0.381, with a significance level of 0.017. This finding demonstrates the importance of integrating listening and writing skills in Indonesian language learning, especially through folklore.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menyimak, keterampilan menulis, cerita rakyat, teks narasi, korelasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | ZANI |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 04:27 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 04:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83318 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |