Pengembangan E-Modul Ajar Berbasis Understanding by design Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas X SMA

Amalia, Niken (2025) Pengembangan E-Modul Ajar Berbasis Understanding by design Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas X SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (168kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (252kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Understanding by Design (UbD) adalah pendekatan desain pembelajaran yang berfokus pada pengembangan pemahaman yang mendalam dan kemampuan menerapkan konsep dalam situasi yang nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul Ajar Berbasis Understanding by design (UbD) untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Materi Statistika Kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah dosen Program Studi Pendidikan Matematika sebagai tim ahli, guru matematika kelas X SMA N 2 Kota Jambi, dan siswa kelas E.12 SMAN 2 Kota Jambi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validitas desain dan materi, angket praktikalitas untuk guru dan siswa, angket respon siswa, serta tes kemampuan numerasi Hasil penelitian ini ialah E-Modul Ajar Berbasis Understanding by design (UbD) untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Materi Statistika Kelas X SMA memenuhi kriteria kualitas produk yang meliputi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. E-modul ajar yang dikembangkan dinyatakan layak di mana untuk aspek kevalidan diperoleh persentase skor penilaian sebesar 92,5% dengan kriteria “Sangat Valid” pada segi materi dan skor 96,66% dengan kriteria “Sangat Valid pada segi desain. Untuk aspek kepraktisan, diperoleh persentase skor sebesar 96% dengan kriteria “Sangat Praktis” dari hasil praktikalitas oleh guru dan skor 91,60% dengan kriteria “Sangat Praktis” dari hasil praktikalitas oleh siswa. Untuk aspek keefektifan, diperoleh persentase skor 95,15% dengan kriteria “Sangat Efektif” dari hasil angket respon siswa dan hasil N-Gain sebesar 0,584 dengan kategori “Sedang” Pengembangan e-modul ajar ini berimplikasi pada peningkatan kualitas pembelajaran matematika di SMA dan peningkatan kemampuan numerasi siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-Modul Ajar, Understanding By Design, Statistika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: AMALIA
Date Deposited: 10 Jul 2025 08:29
Last Modified: 02 Aug 2025 08:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83409

Actions (login required)

View Item View Item