Afni, Nur (2025) ANALISIS KESULITAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD NEGERI 035/X SIMBUR NAIK. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
Nur Afni_A1D118170 (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN,.pdf Download (200kB) |
Abstract
ABSTRAK Afni, Nur : “Analisis Kesulitan Membaca Siswa Kelas IV DI SDN 035/X Desa Simbur Naik”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar,FKIP Universitas Jambi, Dosen pembimbing (1) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd (2) Muhammad Sholeh, S.Pd., M. Pd Kata Kunci : Kesulitan Membaca, faktor kesulitan membaca Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam membaca peserta didik kelas IV di SDN 035/X Desa Simbur Naik. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 035/X Simbur Naik pada mei-juli 2025. Data ini diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi mengenai analisis kesulitan membaca dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini bertempat di SDN 035/X Simbur Naik. Sumber data pada penelitian ini adalah data pokok (primer) serta data tambahan (sekunder). Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa kesulitan membaca yang dialami kelas IV. Melalui data dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesulitan membaca peserta didik kelas IV yaitu : Kesulitan membedakan huruf, tidak lancar dalam membaca, kurangnya memori visual dan banyak kesalahan dalam membaca. Faktor penghambat peserta didik kesulitan membaca yaitu; kurangnya strategi dalam mengajar, keluarga yang kurang dalam memberikan dukungan belajar. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini yaitu kesulitan membaca siswa kelas IV sangat beragam. Mulai dari peserta didik tidak mengenal huruf, kesulitan membedakan huruf, tidak memperhatikan tanda baca, dan kesulitan mengenal tanda baca. Faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca yaitu kurangnya strategi dalam mengajar, keluarga yang kurang dalam memberikan dukungan belajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Membaca,faktor kesulitan membaca |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | afni |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 01:54 |
Last Modified: | 02 Aug 2025 06:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83455 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |