Mardiani, Elfi (2025) MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR LOKOMOTOR MELALUI METODE PERMAINAN KECIL BOLA KASTI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 005 TANJUNG JABUNG BARAT. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSII FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (72kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (182kB) |
Abstract
ABSTRAK Elfi Mardiani. 2025. “Meningkatkan Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor Melalui Metode Permainan Kecil Bola Kasti Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 005 Tanjung Jabung Barat”. Program studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, FKIP Universitas Negeri Jambi. Pembimbing (1) Ahmad Muzaffar, S.Pd., M.Pd., Pembimbing (2) Ely Yuliawan, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Lokomotor, Permainan Kecil, Bola Kasti Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar lokomotor melalui metode permainan kecil bola kasti pada siswa kelas IV SD Negeri 005 Tanjung Jabung Barat. Keterampilan lokomotor, seperti berlari, melompat, dan meloncat, merupakan fondasi penting dalam pengembangan kemampuan motorik anak. Namun, berdasarkan observasi awal, masih banyak siswa yang kurang terampil dalam melakukan gerakan-gerakan tersebut. Oleh karena itu, diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang menyenangkan dan efektif, salah satunya melalui permainan kecil bola kasti. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 005 Tanjung Jabung Barat yang berjumlah 27 orang.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes unjuk kerja, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode permainan kecil bola kasti dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar lokomotor siswa. Pada siklus I, persentase ketuntasan siswa mencapai 33,3%, namun masih terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, seperti kecepatan dan koordinasi gerak. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, persentase ketuntasan meningkat menjadi 96,3%. Hal ini membuktikan bahwa permainan bola kasti dapat menjadi media yang efektif untuk melatih gerakan lokomotor siswa. Kegiatan pembelajaran dengan permainan bola kasti terbukti mampu menciptakan suasana yang menyenangkan dan memotivasi siswa untuk aktif bergerak. Siswa menjadi lebih antusias dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, sehingga keterampilan gerak dasar mereka berkembang dengan baik. Selain itu, kerja sama dan interaksi sosial antar siswa juga meningkat melalui permainan ini. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode permainan kecil bola kasti efektif dalam meningkatkan keterampilan gerak dasar lokomotor siswa kelas IV SD Negeri 005 Tanjung Jabung Barat. Penelitian ini merekomendasikan guru Pendidikan Jasmani untuk menggunakan pendekatan permainan dalam pembelajaran, khususnya untuk melatih keterampilan motorik siswa. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi referensi bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih inovatif di masa mendatang.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lokomotor, Permainan Kecil, Bola Kasti |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ELFI MARDIANI |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 02:43 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 05:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83522 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |