Setiana, Arsiti Wiwit (2025) DAMPAK PERCERAIAN ORANGTUA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMP NEGERI 14 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (374kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Berdasarkan latar belakang permasalahan yang terjadi di SMP Negeri 14 Kota Jambi bahwa terdapat kasus siswa korban perceraian orangtua yakni sebanyak 14 orang ynag diantaranya 4 siswa korban perceraian orangtua hidup dan 10 siswa yang menjadi korban perceraian orangtua mati. Peran kedua orangtua untuk membimbing dan mendidik anak sangatlah penting, karena keluarga menjadi pondasi utama dalam mengembangkan kecerdasan yang ada pada diri anak, termasuk kecerdasan emosioanal. Begitupula dengan kelengkapan kedua orangtua akan mempengaruhi kecerdasan yang ada pada diri anak. Oleh karena itu, peneliti ingin meneliti kecerdasan emosional siswa yang orangtua nya sudah bercerai yang difokuskan pada perceraian hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ciri-citi kecerdasan emosional siswa korban perceraian orangtua, untuk mengungkapkan cara mengembangkan kecerdasan emosional siswa korban perceraian orangtua, dan bertujuan untuk mengungkapkan faktor penyebab terhambatnya perkembangan kecerdasan emosional siswa korban perceraian orangtua. Penelitian ini dibatasi pada kecerdasan emosional siswa korban perceraian orangtua dan jenis perceraian difokuskan pada cerai hidup. Jenis penelitian ini yakni kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hal tersebut dilakukan karena focus permasalahan pada penelitian ini yakni gambaran mengenai kecerdasan emosional siswa korban perceraian orangtua. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan masukan bagi orangtua yang single parent dan juga kepada pihak sekolah terutama guru BK untuk bisa mengembangkan kercerdasan emosional siswa korban perceraian orangtua. Based on the background of the problems at SMP Negeri 14 in Jambi City, there are 14 cases of students who are victims of parental divorce, including 4 students whose parents are still living and 10 students whose parents are still dead. The role of both parents in guiding and educating children is crucial, as the family is the primary foundation for developing a child's intelligence, including emotional intelligence. Likewise, the presence of both parents will influence a child's intelligence. Therefore, researchers want to examine the emotional intelligence of students whose parents have divorced, focusing on the divorce process. This study aims to identify the characteristics of emotional intelligence in students who have divorced their parents, to reveal ways to develop emotional intelligence in students who have divorced their parents, and to identify factors that hinder the development of emotional intelligence in students who have divorced their parents. This research is limited to the emotional intelligence of students who are victims of parental divorce, and focuses on the type of divorce. This research is qualitative with a case study approach. This is because the focus of this research problem is the description of the emotional intelligence of students who are victims of parental divorce. The results of this study are expected to provide benefits and input for single parents and schools, especially guidance and counseling teachers, to develop the emotional intelligence of students who are victims of parental divorce.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perceraian orangtua, kecerdasan emosional, siswa SMP, studi kasus |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | SETIANA |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 03:36 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 03:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83606 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |