SAPUTRA, REZA (2025) EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI SIPADUKO DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Skripsi Reza Saputra.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (747kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (493kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (231kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang efektivitas pelayanan publik melalui aplikasi SiPaduko sebagai sebuah inovasi yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi dengan menerapkan E-Government dalam hal kepengurusan administrasi kependudukan. Aplikasi SiPaduko di Kota Jambi masih memiliki beberapa masalah seperti masih banyak nya keluhan yang disampaikan oleh penggunanya dan masih minimnya partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan aplikasi SiPaduko di Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas pelayanan publik melalui aplikasi SiPaduko, serta faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pelayanan publik melalui aplikasi SiPaduko. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, di mana pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles & Huberman yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efektivitas menurut Gibson dan faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas menurut Hasibuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya aplikasi SiPaduko sudah memberikan dampak positif tapi masih belum efektif yang ditandai dengan terpenuhinya 4 indikator serta 1 indikator yang masih belum terpenuhi. Indikator yang sudah terpenuhi antara lain produksi, efisiensi, kepuasan dan pengembangan, sedangkan indikator adaptasi masih belum terpenuhi. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pelayanan publik melalui aplikasi SiPaduko yaitu Disdukcapil Kota Jambi sudah terpenuhi dengan baik namun dalam pelaksanaannya belum memiliki badan pengawas, baik itu dari internal maupun dari eksternal. Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan Publik, Aplikasi SiPaduko
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Pelayanan Publik, Aplikasi SiPaduko |
Subjects: | J Political Science > JS Local government Municipal government L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Saputra |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:17 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 03:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83682 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |