-, Maryanti (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Student Fasilitator and Explaining Terintegrasi Socio Scientific Issue terhadap Analytical Thinking Siswa Pada Pembelajaran Biologi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (440kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (599kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Kata Kunci: Socio Scientific Issue, Student Fasilitator and Explaining Kurikulum Merdeka hadir sebagai transformasi pendidikan untuk mempersiapkan generasi yang mampu menghadapi kompleksitas zaman dengan meningkatkan peran aktif siswa dalam pembelajaran salah satunya siwa. Namun, berdasarkan observasi di SMA 9 menunjukan bahwa belum optimalnya siswa dalam menghubungkan informasi dari berbagai sumber dan kurangnya keterlibatan dalam diskusi pembelajaran menjadi permasalahan yang perlu diatasi. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan analytical thingking yaitu Facilitator and Explaining (SFE) yang terintegrasi dengan Socio Scientific Issue (SSI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) yang terintegrasi dengan Socio Scientific Issue (SSI) terhadap kemampuan siswa dalam pembelajaran biologi. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu dengan rancangan Non-randomized Control-group Pretest-Posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, terdiri dari satu kelas eksperimen yang menggunakan model Student Fasilitator and Explaining (SFE) terintegrasi Socio Scientific Issue (SSI) dan satu kelas kontrol menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Instrumen penelitian berupa tes esai untuk mengukur analytical thinking siswa dan lembar observasi keterlaksanaan sintaks model pembelajaran yang telah divalidasi. Data dianalisis menggunakan uji One Way ANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran terhadap analytical thinking siswa [F(1,69) = 12,245, p < 0,001, ηp² = 0,151]. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) terintegrasi Socio Scientific Issue (SSI) berpengaruh signifikan terhadap analytical thinking siswa dalam pembelajaran Biologi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analytical Thinking, Socio Scientific Issue, Student Fasilitator and Explaining |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | MARYANTI |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 02:34 |
Last Modified: | 02 Aug 2025 08:26 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83720 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |