Sholeha, Puji and Nazurty, Nazurty and Rustam, Rustam (2025) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
TESIS FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan pDF.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Sidang Cover-7.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (295kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf Download (222kB) |
Abstract
Sholeha, Puji. Tesis. 2025. Pengembangan Modul Elektronik untuk Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa Madrasah Tsanawiyah, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Jambi, Pembimbing I Prof. Dr. Dra. Nazurty, M.Pd, Pembimbing II Dr. Rustam, S.Pd., M.Hum Kata Kunci: modul elektronik, menulis puisi. ADDIE Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan modul elektronik menulis puisi pada siswa Madrasah Tsawaniyah dan mengetahui keefektifan modul elektronik tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, dan Evaluate). Pada tahap analisis, dilakukan identifikasi kebutuhan pembelajaran, karakteristik siswa, materi, dan tugas. Hasil analisis menunjukkan bahwa guru masih menggunakan metode ceramah dan bahan ajar yang belum sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Pada tahap desain, disusun rancangan modul elektronik yang memuat materi menulis puisi, video pembelajaran, dan latihan. Desain media disusun dengan memperhatikan aspek estetika seperti keseimbangan warna, kejelasan tulisan, dan kesesuaian gambar, serta isi materi yang mudah dipahami siswa. Produk akhir berupa modul elektronik dikembangkan dengan aplikasi Canva dan divalidasi oleh ahli untuk memastikan kualitas isi dan tampilan media. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul elektronik mendapatkan hasil (75,78%) kategori cukup layak dari ahli media, (85%) kategori layak dari ahli materi dan (88,57%) kategori sangat layak dari ahli Bahasa. Uji coba terbatas menunjukkan peningkatan hasil belajar, dari nilai rata-rata pretest 54,4 menjadi posttest 77,12, dengan nilai N-Gain sebesar 0,49 (kategori sedang), sehingga media dinyatakan cukup efektif. Kesimpuan penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE berhasil diimplementasikan secara sistematis. Modul elektronik yang dikembangkan dinyatakan cukup Efektif digunakan sebagai media pembelajaran menulis puisi untuk siswa Madrasah Tsanwiyah. .
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | PUJI SHOLEHA |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:49 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 03:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83805 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |