Pesesa, Geza (2025) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Self Efficacy Pada Materi Bentuk Aljabar Di Kelas VII. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak Only.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
Bab 1 geza.pdf Download (544kB) |
![]() |
Text
Bab 4 geza.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Daftar Pustakaa.pdf Download (405kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (107kB) |
![]() |
Text
Skripsi Geza Pssa.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi bentuk aljabar ditinjau dari self efficacy pada siswa kelas VII. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 12 Kota Jambi tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun subjek pada penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas VII SMP Negeri 12 Kota Jambi, masing-masing 2 siswa dengan kategori self efficacy tinggi, sedang dan rendah. Instrumen utama pada penelitian ini adalah peneliti serta instrumen pendukungnya berupa angket self efficacy, lembar tes kemampuan komunikasi matematis pada materi bentuk aljabar dan lembar pedoman wawancara secara tidak terstruktur. Adapun analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan self efficacy tinggi memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik. Hal ini dapat dilihat dengan kemampuan siswa memenuhi indikator siswa menuliskan dan menyebutkan terkait informasi dalam soal, konsep beserta cara menyelesaikannya, memeriksa kembali jawaban, memahami simbol beserta istilah dan memberikan kesimpulan diakhir jawaban. Sementara siswa dengan self efficacy sedang juga memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik, siswa mampu memenuhi beberapa indikator namun masih kurang maksimal daripada siswa pada kriteria self efficacy tinggi. Dapat dilihat dari kemampuan siswa menuliskan informasi soal, menyelesaikan soal dengan konsep akan tetapi masih ragu dan keliru dalam menyelesikannya, memahami simbol beserta istilah dan memberikan kesimpulan akhir. Kemudian siswa dengan self efficacy rendah masih kurang dalam kemampuan komunikasi matematis, siswa tidak dapat memenuhi indikator. Dapat dibuktikan dengan siswa belum mampu menuliskan terkait informasi soal, konsep beserta cara menyelesaikannya, memeriksa kembali jawaban, dan memberikan kesimpulan akhir. Dengan demikian disimpulkan self efficacy dapat mempengaruhi siswa dalam mengemukan ide , menyusun langkah penyelesaian soal dan memberikan kesimpulan akhir dengan tepat. Kata Kunci : Komunikasi matematis, self efficacy
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi matematis, self efficacy |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | PESESA |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 02:34 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 02:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83910 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |