Juniandra, Rezha (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH PADA FASE D MATERI STRUKTUR DAN FUNSI TUMBUHAN. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
1. tesis rezha juniandra.pdf Download (12MB) |
![]() |
Text
2. Cover (1).pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
3. persetujuan dan pengesahan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
4. Abstrak.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
5. BAB I.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
6. BAB V.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
7. Daftar Rujukan.pdf Download (433kB) |
Abstract
Juniandra, R. 2025. Pengaruh Model Pembelajaran Poblem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah pada Fase D Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan. Tesis. Program Magister Pendidikan IPA Universitas Jambi, Pembimbing I. Dr. Afreni Hamidah, S.Pt., M.Si. II. Dr. Dra. Evita Anggereini, M.Si. Pendidikan abad ke-21 menuntut kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah (keterampilan 4C) yang optimal, namun observasi awal di SMP N 7 Muaro Jambi menunjukkan kedua kemampuan siswa belum berkembang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menguji pengaruh model problem-based learning (PBL) terhadap kemampuan tersebut. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen (nonequivalent pretest-posttest control group design), penelitian melibatkan 64 siswa SMP N 7 Muaro Jambi yang dipilih melalui purposive sampling, dibagi menjadi kelas eksperimen (VIII-A) dan kontrol (IX-A). Kemampuan berpikir kritis diukur dengan tes esai berindikator FRISCO, sementara pemecahan masalah diukur berdasarkan indikator Rosy & Pahlevi (2015). Analisis data menggunakan uji MANCOVA. Hasil analis MANCOVA menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik [F= 13,047, sig=0,000] , ηp2 = 0,201], dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik F= 43,368, sig=000, ηp2= 0,455]. dengan kategori sangat berpengaruh. Peningkatan ini dipengaruhi oleh proses pembelajaran yang memfokuskan pada aktivitas diskusi, pemecahan masalah, serta eksplorasi mendalam dikelas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model probelm based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik. Namun, beberapa tantangan dalam adaptasi model ini, seperti kesiapan belajar mandiri siswa dan menyiapkan berbagai kegiatan yang sesuai dengan konten yang menarik dan menyenangkan untuk penerapan yang lebih optimal.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model problem based learning, kemampuan berfikir kritis, kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Rezha Juniandra |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 06:48 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 06:48 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83982 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |