PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 KOTA JAMBI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN

NURSAL, NITA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 KOTA JAMBI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN. S2 thesis, Magister Pendidikan IPA.

[img] Text
a. NITA NURSAL - TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)
[img] Text
b. COVER TESIS NITA.pdf

Download (34kB)
[img] Text
c. HALAMAN PERSETUJUAN, HAL PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
d. ABSTRAK NITA.pdf

Download (155kB)
[img] Text
e. BAB I NITA.pdf

Download (258kB)
[img] Text
f.BAB V NITA.pdf

Download (155kB)
[img] Text
g.DAFTAR PUSTAKA NITA.pdf

Download (432kB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan komunikasi oleh siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kota Jambi pada materi sistem pencernaan, memiliki permasalahan dalam proses pembelajaran. Aktivitas pembelajaran di kelas selama ini belum mampu mengembangkan kedua kemampuan tersebut secara optimal. Oleh karena itu, diperlukan solusi melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan komunikasi siswa pada materi sistem pencernaan. Jenis penelitian termasuk kuasi eksperimen dengan desain posttest-only control group. Sampel penelitian terdiri dari 72 siswa kelas XI Tahun Pelajaran 2024/2025, yang terbagi secara merata menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan kelompok dilakukan melalui teknik simple random sampling, yakni dengan mengundi seluruh kelas XI yang telah terbentuk. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik tes, angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan siswa kelas kontrol. Uji hipotesis juga mengungkapkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok dalam hal kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi sistem pencernaan terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap dua kemampuan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, guru disarankan memberikan bimbingan khusus kepada siswa yang masih memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah, terutama dalam hal pencarian, pengolahan, dan analisis informasi serta pengembangan solusi. Hal ini penting karena sebagian siswa belum terbiasa menghadapi dan menyelesaikan masalah, khususnya pada materi sistem pencernaan. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kreatif, Keterampilan Komunikasi, Materi Sistem pencernaan

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Nita Nursal
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:14
Last Modified: 15 Jul 2025 02:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/84236

Actions (login required)

View Item View Item