Penyelesaian Wanprestasi Terhadap Perjanjian Jual Beli Antara PT Tempo Cabang Jambi Dengan Retailer

Siregar, Agim Rahmadi and -, Sasmiar and Fathni, Indriya (2025) Penyelesaian Wanprestasi Terhadap Perjanjian Jual Beli Antara PT Tempo Cabang Jambi Dengan Retailer. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Skripsi Full TTD.pdf

Download (2MB)
[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (223kB)
[img] Text
persetujuan dan pengesahan skrpsi.pdf

Download (950kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (242kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (678kB)
[img] Text
bab 4.pdf

Download (402kB)
[img] Text
dapus.pdf

Download (218kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penyebab terjadinya wanprestasi oleh retailer terhadap pelunasan tagihan pada PT Tempo di Jambi dan untuk mengetahui dan menganalisis upaya penyelesaian wanprestasi oleh retailer terhadap pelunasan tagihan pada PT Tempo di Jambi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris. Hasil dari penelitian ini yaitu penyebab terjadinya wanprestasi oleh retailer terhadap pelunasan tagihan pada PT Tempo di Jambi adalah tutupnya usaha retailer, lalai dalam melakukan pembayaran, barang yang tidak laku terjual, tidak adanya itikad baik untuk melunasi tagihan, sulitnya menghubungi pihak retailer, hingga permasalahan pribadi yang berdampak pada kelalaian dalam pembayaran dan upaya penyelesaian wanprestasi oleh retailer terhadap pelunasan tagihan pada PT Tempo di Jambi adalah penagihan secara langsung kepada pihak retailer, melakukan teguran dan musyawarah, memberikan perpanjangan waktu pembayaran, dan menarik kembali barang yang belum dilunasi namun masih dalam kondisi belum kadaluarsa. This study aims to determine and analyze the causes of default by retailers on payment of bills to PT Tempo in Jambi and to determine and analyze efforts to resolve default by retailers on payment of bills to PT Tempo in Jambi. This study uses an empirical legal research method. The results of this study are that the causes of default by retailers on payment of bills to PT Tempo in Jambi are the closure of the retailer's business, negligence in making payments, unsold goods, lack of good faith to pay bills, difficulty in contacting the retailer, to personal problems that have an impact on negligence in payment and efforts to resolve default by retailers on payment of bills to PT Tempo in Jambi are direct collection from the retailer, giving warnings and deliberations, providing an extension of the payment period, and withdrawing goods that have not been paid but are still in an unexpired condition.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Settlement efforts, Default, Retailer, Distributor
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: SIREGAR
Date Deposited: 16 Jul 2025 06:56
Last Modified: 16 Jul 2025 06:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/84622

Actions (login required)

View Item View Item