Setiowati, Veli (2025) Identifikasi Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari Dalam Menumbuhkan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Satu Atap Sdn 75/X Rantau Jaya. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI_Veli Setiowati_A1F121019.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER VELI.pdf Download (39kB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (522kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (96kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
Abstract
Kegiatan seni tari di PAUD menjadi salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan sosial anak, khususnya dalam hal kerjasama. Melalui kegiatan seni tari, anak belajar bekerja sama dengan teman, menghargai peran masing-masing, dan tampil secara kompak dalam kelompok. Di TK Satu Atap SDN 75/X Rantau Jaya, kegiatan ekstrakurikuler seni tari telah dilaksanakan secara rutin dan menjadi bagian dari pengembangan minat serta bakat anak. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler seni tari dalam menumbuhkan kemampuan kerjasama anak usia 5– 6 tahun di TK Satu Atap SDN 75/X Rantau Jaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru, kepala sekolah, dan anak-anak yang mengikuti kegiatan seni tari. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan seni tari dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan disesuaikan dengan minat dan bakat anak, pelaksanaan dilakukan secara rutin dengan memberikan semangat dan penghargaan kepada anak, serta evaluasi dilakukan untuk melihat sejauh mana perkembangan anak setelah mengikuti kegiatan. Dari hasil penelitian, terlihat bahwa anak-anak menjadi lebih kompak, mau membantu teman, bisa berbagi peran saat latihan, dan saling menghargai. Kegiatan seni tari ini terbukti membantu menumbuhkan kemampuan kerjasama pada anak usia dini. Hasil ini bisa menjadi inspirasi untuk PAUD lain agar bisa mengembangkan potensi anak melalui kegiatan seni yang menyenangkan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | SETIOWATI |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 01:46 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 01:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/84872 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |