SIJABAT, NORA CAHAYA (2025) Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan YouTube untuk Meningkatkan Kesiapan Belajar Sejarah Siswa Kelas XI F2 SMA Xaverius 1 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI BAB I.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI BAB V.pdf Download (79kB) |
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI NORA CAHAYA SIJABAT_A1A221078_UP REPOSITORY.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
HALAMAN_PENGESAHAN_NORA.pdf Download (442kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kesiapan belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran sejarah, yang ditunjukkan oleh kurangnya kondisi fisik, psikis dan materiil. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diterapkan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan YouTube yang membuat siswa mempelajari materi secara mandiri di rumah (online) sebelum kegiatan tatap muka berlangsung di kelas (offline). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kesiapan belajar sejarah siswa melalui penerapan model pembelajaran Flipped Classroom siswa kelas XI F2 SMA Xaverius 1 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam III siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI F2 SMA Xaverius 1 Kota Jambi dan guru mata pelajaran sejarah. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi, dengan analisis data secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil sebagai berikut: Hasil kesiapan belajar sejarah pada kondisi fisik Siklus I didapatkan sebanyak 8 dan 12 siswa dari 33 siswa mendapat nilai >75 dengan persentase ketuntasan 24,24% dan 36,36%. Pada Siklus II didapatkan sebanyak 13 dan 15 siswa mendapat nilai >75 dengan persentase ketuntasan 39,39% dan 45,45%. Pada Siklus III sebanyak 27 dan 30 siswa mendapat nilai >75 dengan persentase ketuntasan 81,81% dan 90,90%. Hasil kesiapan belajar sejarah pada kondisi psikis Siklus I didapatkan sebanyak 11 dan 15 siswa mendapat nilai >75 dengan persentase ketuntasan 33,33% dan 45,45%. Pada siklus II didapatkan sebanyak 17 dan 20 siswa mendapat nilai >75 dengan persentase ketuntasan 51,51% dan 60,60%. Pada Siklus III sebanyak 24 dan 26 siswa mendapat nilai >75 dengan persentase ketuntasan 72,72% dan 78,78%. Hasil kesiapan belajar sejarah pada kondisi materiil Siklus I didapatkan sebanyak 10 dan 11 siswa mendapat nilai >75 dengan persentase ketuntasan 30,33% dan 33,33%. Pada Siklus II didapatkan sebanyak 14 dan 19 siswa mendapat nilai >75 dengan persentase ketuntasan 42,42% dan 52,52%. Pada Siklus III sebanyak 25 dan 28 siswa mendapat nilai >75 dengan persentase 75,75% dan 84,84%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran flipped classroom efektif dalam meningkatkan kesiapan belajar sejarah siswa kelas XI F2 SMA Xaverius 1 Kota Jambi. Oleh karena itu, model ini layak diterapkan sebagai alternatif pembelajaran untuk mendukung proses tatap muka secara lebih efektif dan efisien.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flipped Classroom, YouTube dan Kesiapan Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | NORA CAHAYA SIJABAT |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 04:29 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 04:29 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/84981 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |