Pengembangan e-LKPD Berbasis Chemo-enterpreneurship Pada Materi Asam dan Basa Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik

Lativasari, Luluk (2025) Pengembangan e-LKPD Berbasis Chemo-enterpreneurship Pada Materi Asam dan Basa Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. S2 thesis, Universitas Jambi.

This is the latest version of this item.

[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (691kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENGEMBANGAN DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (104kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
LULUK LATIVASARI-4.pdf

Download (6MB)
Official URL: Https://jurnal.unimed.ac.id//2012/index.php/jipk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis Chemoentrepreneurship pada materi asam dan basa serta menguji efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Pendekatan yang digunakan adalah mixed method dengan desain explanatory sequential, yaitu pengumpulan dan analisis data kuantitatif terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan data kualitatif untuk menjelaskan hasil kuantitatif lebih mendalam. Pengembangan e-LKPD mengikuti model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data kuantitatif dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kreatif (pre-test dan posttest), kemudian dianalisis menggunakan uji N-Gain dan uji-t independen. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif yang signifikan pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 0,24 (kategori rendah) dan kelas eksperimen sebesar 0,63 (kategori sedang). Untuk mendalami hasil tersebut, data kualitatif dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket respon peserta didik. Data kualitatif menunjukkan bahwa e-LKPD berbasis Chemo-entrepreneurship memfasilitasi pembelajaran kontekstual, meningkatkan keterlibatan peserta didik, dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik melalui aktivitas yang mengaitkan konsep kimia dengan situasi kewirausahaan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa e-LKPD yang dikembangkan tergolong sangat valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran kimia, khususnya pada materi asam dan basa untuk meningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: LULUK LATIVASARI
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:11
Last Modified: 21 Jul 2025 07:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85158

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item