Dampak Perilaku Bullying Verbal Terhadap Kepercayaan Diri Siswa SMP N 3 Batang Hari

Nopita, Diana (2025) Dampak Perilaku Bullying Verbal Terhadap Kepercayaan Diri Siswa SMP N 3 Batang Hari. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (144kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (14kB)
[img] Text
cover .pdf

Download (207kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (123kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan dampak yang timbul akibat dari bullying verbal terhadap kepercaya diri siswa SMP N 3 Batang Hari. Bullying Verbal merupakan bullying yang berhubungan dengan verbal atau kata-kata, tindakan yang termasuk di dalamnya adalah menghina, mengejek, memfitnah, memberi julukan yang tidak menyenangkan, menyebarkan gossip yang negatif, dll. Sedangkan kepercayaan diri merupakan suatu sikap atau keyakinan atas kemampuan diri sendiri sehingga dalam tindakan-tindakannya tidak terlalu cemas, merasa bebas untuk melakukan hal-hal yang sesuai keinginan dan tanggung jawab atas perbuatannya. Adapun yang melatarbelakangi penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini didasarkan pada hasil pengamatan dan wawancara awal yang penulis lakukan dengan guru BK di SMP N 3 Batang Hari, dimana terdapat tindakan-tindakan bullying verbal yang terjadi diantara sesama siswa. Di lanjut dengan mewawancarai korban bullying verbal yang merupakan siswa SMP N 3 Batang Hari, ditemukan bahwa bullying verbal yang didapat berupa julukan negatif, ejekan, gosip dan lain sebagainya yang berdampak pada kepercayaan diri korban. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari bullying verbal terhadap kepercayaan diri siswa SMP N 3 Batang Hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan teknik pendekatan studi kasus, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, selanjutnya untuk menganalisis penulis menggunakan collection, data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, bullying verbal bedampak signifikan terhadap kepercayaan diri siswa. Terlihat dari aspek kurangnya kemampuan dalam menghadapi masalah, kurangnya rasa bertanggung jawab, kemampuan dalam penerimaan kritik, serta kurangnya strategi dalam penyelesaian masalah. Secara keseluruhan, bullying verbal melemahkan rasa percaya diri siswa, terutama dalam menjalin hubungan sosial dan menghadapi tantangan psikologis sehari-hari. Kata kunci: Siswa, Bullying Verbal, Kepercayaan Diri

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Siswa, Bullying Verbal, Kepercayaan Diri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nopita
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:02
Last Modified: 02 Aug 2025 05:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85163

Actions (login required)

View Item View Item