PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PASPOR DI KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI JAMBI

Azzahra, Annisa Risna (2025) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PASPOR DI KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI JAMBI. S1 thesis, Manajemen Pemerintahan.

[img] Text
PROPOSAL SKRIPSI REALL (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (105kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan Dan Pengesahan.pdf

Download (650kB)
[img] Text
ABSTRAKK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (148kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi masyarakat terhadap pelayanan paspor melalui aplikasi M-Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jambi. Penelitian ini didasari oleh adanya peralihan sistem pelayanan manual ke sistem digital yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik, khususnya dalam pengurusan paspor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara, dan observasi. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden yang merupakan masyarakat yang telah membuat paspor melalui pelayanan paspor Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jambi. Pengukuran persepsi masyarakat mengacu pada Keputusan Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 dengan sepuluh indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum masyarakat memberikan persepsi sangat positif terhadap pelayanan paspor dengan rata-rata penilaian 3,44 yang berada pada kategori sangat positif. Sehingga persepsi masyarakat terhadap pelayanan paspor sudah dapat dikatakan telah memenuhi harapan masyarakat. Hal ini juga menunjukkan bahwa kinerja unit pelayanan yang berada di kantor imigrasi kelas I TPI Jambi pada tahun 2025 secara keseluruhan termasuk dalam kategori sangat positif. Meskipun demikian pelayanan tetap harus dipertahankan dan dapat ditingkatkan agar lebih baik lagi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: AZZAHRA
Date Deposited: 08 Sep 2025 06:59
Last Modified: 08 Sep 2025 06:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85667

Actions (login required)

View Item View Item