Kurnia, Lisa and Siregar, Masyunita and Amanda, Rizki Surya (2025) Pengaruh Permainan Ular Tangga Tema Kendaraan Terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri 19 Sekernan. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (478kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (413kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI LISA KURNIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Kurnia, Lisa 2025. Pengaruh Permainan Ular Tangga Tema Kendaraan Terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri 19 Sekernan: Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing:(I) Masyunita Siregar, M.Pd., (II) Rizki Surya Amanda, M.Pd., Kata Kunci : Permainan Ular Tangga Tema Kendaraan, Kemampuan Berpikir Simbolik, Anak Usia 5-6 Tahun Peneliti dilatar belakangi dengan hasil pengamatan peneliti di lapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 19 Sekernan belum berkembang dengan baik. Hal ini dibuktikan dari temuan awal yaitu peneliti menemukan 9 anak yang belum berkembang dalam menyebutkan lambang bilangan 1-10, terdapat 11 anak yang belum berkembang dalam menggunakan lambang bilangan untuk menghitung, terdapat 10 anak yang belum berkembang dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan, dan juga peneliti menemukan 12 anak yang belum berkembang dalam mengenal berbagai macam lambang huruf vokal dan konsonan, serta peneliti menemukan 11 anak yang belum berkembang dalam merepresentasikan berbagai macam benda dalam bentuk gambar atau tulisan. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Eksperimental design dengan bentuk One Grup Pretest-Posttest Design. Sampel pada penelitian ini yaitu 15 anak pada kelas B. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan lembar observasi sebagai instrument penelitian yang telah diuji validasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil dari analisis data menggunakan pengujian uji hipotesis dengan diperoleh nilai Thitung 23, 103 > Ttabel 2,145, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 19 Sekernan pada data pre-test dan post-test. Untuk melihat berapa besar pengaruh, dapat diketahui dengan perhitungan effect size menggunakan rumus cohen’s, besarnya pengaruh permainan ular tangga tema kendaraan terhadap anak usia 5–6 tahun di TK Negeri 19 Sekernan sebesar 7,29. Nilai tersebut, menurut kriteria interpretasi Cohen's d, termasuk dalam kategori efek yang kuat (strong effect) terhadap peningkatan kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka kesimpulan yang dapat diambil untuk menjawab hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh permainan ular tangga tema kendaraan terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 19 Sekernan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan Ular Tangga Tema Kendaraan, Kemampuan Berpikir Simbolik, Anak Usia 5-6 Tahun |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Lisa Kurnia |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 03:03 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 03:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85697 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |