M.E.G.A: SISTEM PENILAIAN DIRI KETERAMPILAN KORESPONDENSI BAHASA INGGRIS UNTUK MAHASISWA SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS NURDIN HAMZAH

Megawaty, Merti (2025) M.E.G.A: SISTEM PENILAIAN DIRI KETERAMPILAN KORESPONDENSI BAHASA INGGRIS UNTUK MAHASISWA SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS NURDIN HAMZAH. S3 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Kover Mega.pdf

Download (376kB)
[img] Text
Abstrak Mega.pdf

Download (304kB)
[img] Text
Pengesahan Mega.pdf

Download (335kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (613kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (570kB)
[img] Text
Dapus Mega.pdf

Download (621kB)
[img] Text
Full Disertasi Mega.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem penilaian diri berbasiskan aplikasi sistem pakar untuk membantu mahasiswa program sistem informasi pada Universitas Nurdin Hamzah dalam mengevaluasi dan meningkatkan keterampilan korespondensi Bahasa Inggris bidang lamaran kerja, khususnya kemampuan menulis dan berbicara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan ADDIE sebagai model yang memiliki enam Langkah yaitu adalah (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan atau Development, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Subjek penelitian ini terdiri dari subjek ujicoba untuk melihat kevalidan produk dan subjek keparaktisan produk. Subjek ujicoba kevalidan produk terdiri dari ahli materi Bahasa Inggris, ahli media pembelajaran dan ahli teknologi Pendidikan. Subjek ujicoba kepraktisan, kemenarikan dan keefektifan produk adalah mahasiswa semester II, program studi Sistem Informasi Universitas Nurdin Hamzah Tahun akademik 2024/2025. Jenis data pada penelitian ini adalah data primer. Data diperoleh dari instrument validasi ahli materi Bahasa Inggris, instrument validasi ahli media pembelajaran, instrument validasi ahli teknologi Pendidikan dan instrumen respon ketua prodi dan mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mendeskripsikan validitas, praktikalitas dan efektivitas aplikasi sistem penilaian diri berbasis sistem pakar. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa aplikasi penilain diri berbasis sistem pakar layak digunakan dengan kategori sangat layak/valid pada aspek substansi materi, desain media pembelajaran, dan teknologi Pendidikan. Tingkat kepraktisan aplikasi sistem penilaian diri berbasis sistem pakar dinyatakan sangat praktis pada aspek tampilan, bahasa, efisiensi waktu, efektif dan manfaat. Hasil pretest dan posttest menunjukkan bahwa Pengembangan Sistem Penilaian Diri Terhadap Keterampilan Korespondensi Bahasa Inggris Dalam Konteks Menulis Dan Berbicara Melalui Aplikasi Sistem Pakar ini, praktis ,menarik dan efektif dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa sistem informasi terhadap kemampuan korespondensi bidang lamaran kerja

Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Sistem Penilaian diri, korespondesi Bahasa Inggris, Keterampilan menulis dan berbicara, sistem pakar, Sistem Informasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S3 Kependidikan
Depositing User: Merti Megawaty
Date Deposited: 18 Sep 2025 07:13
Last Modified: 18 Sep 2025 07:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85812

Actions (login required)

View Item View Item