UJI EFEKTIVITAS MODUL BUSY BOX SEX EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SEKSUALITAS PADA SISWA SMALB TUNAGRAHITA DI SLBN 1 KOTA JAMBI

Luthfiah, Aisyah Rifdah and Andriani, Annisa and Hafizah, Nurul (2025) UJI EFEKTIVITAS MODUL BUSY BOX SEX EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SEKSUALITAS PADA SISWA SMALB TUNAGRAHITA DI SLBN 1 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universias Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (223kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (193kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (212kB)
[img] Text
Full Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (397kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

LATAR BELAKANG Perilaku seksual menyimpang pada remaja tunagrahita disebabkan oleh pemahaman seksualitas yang terbatas karena kurangnya pendidikan seksual yang sesuai. Untuk membantu siswa tunagrahita yang berpotensi mampu didik mempelajari pengetahuan pendidikan seksual, diperlukan stimulasi melalui media pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat kemampuannya, salah satunya adalah modul Busy Box Sex Education (BSE). TUJUAN Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas modul BSE dalam meningkatkan pengetahuan pendidikan seksual pada siswa SMALB tunagrahita ringan. METODE Penelitian ini menerapkan metode eksperimen single subject research dengan desain A–B–A–Follow-up pada satu siswa SMALB tunagrahita ringan yang dipilih secara purposive sampling berdasarkan kriteria IQ, usia, riwayat perilaku seksual yang tidak sesuai norma, dan mendapatkan izin dari wali. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes pengetahuan pendidikan seksual yang telah tervalidasi, kemudian dianalisis secara deskriptif serta divisualisasikan dalam bentuk grafik. HASIL Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor pengetahuan dari skor 50 (baseline 1) menjadi 100 (baseline 2), dan tetap tinggi pada skor 95 pada fase follow-up setelah 23 hari. Hal ini membuktikan modul BSE efektif meningkatkan dan mempertahankan pemahaman siswa tentang identifikasi tubuh, batasan sentuhan, rasa malu, kebersihan diri, serta sopan santun. KESIMPULAN DAN SARAN Modul Busy Box Sex Education terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan pendidikan seksual siswa SMALB tunagrahita ringan di SLBN 1 Kota Jambi. Penelitian selanjutnya disarankan melibatkan lebih banyak subjek untuk memperluas generalisasi temuan. Kata Kunci: Efektivitas, Tunagrahita, Busy Box Sex Education BACKGROUND Teenagers with mild intellectual disabilities often show inappropriate sexual behavior because they have limited knowledge about sexuality and do not receive proper sexual education. To help them learn, special learning media are needed, such as the Busy Box Sex Education (BSE) module. This study aims to find out whether the BSE module is effective in improving sexual education knowledge for students with mild intellectual disabilities at SMALB. PURPOSE To determine the effectiveness of the BSE module in improving sexual education knowledge among students with mild intellectual disabilities at special needs senior high schools. METHOD The study used a single-subject experimental method with an A–B–A–Follow-up design. One student with mild intellectual disability at SMALB was chosen using purposive sampling based on IQ, age, history of inappropriate sexual behavior, and parental consent. Data were collected using a validated knowledge test on sexual education, then analyzed descriptively and shown in graphs. RESULT The student’s score increased from 50 (baseline 1) to 100 (baseline 2), and stayed high at 95 during the follow-up after 23 days. This shows that the BSE module successfully improved and maintained the student’s understanding of body identification, touch boundaries, modesty, personal hygiene, and good manners. CONCLUSIONS AND SUGGESTIONS The Busy Box Sex Education module was proven effective in improving sexual education knowledge among students with mild intellectual disabilities at SMALB Negeri 1 Kota Jambi. Future research is recommended to involve a larger number of participants to enable broader generalization of the findings. Keywords: Effectiveness, Intellectual Disabilities, Busy Box Sex Education

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Tunagrahita, Busy Box Sex Education
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Aisyah Rifdah Luthfiah
Date Deposited: 08 Oct 2025 08:38
Last Modified: 08 Oct 2025 08:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/86147

Actions (login required)

View Item View Item