SARI, SARTIKA ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATERI TERMOKIMIA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMAN 8 KOTA JAMBI. JURNAL ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATERI TERMOKIMIA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMAN 8 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
1. COVER.docx Download (74kB) |
![]() |
Text
8. DAFTAR ISI.docx Download (22kB) |
![]() |
Text
4. Halaman Pengesahan.docx Download (494kB) |
![]() |
Text
12. BAB I FIX.docx Download (39kB) |
![]() |
Text
16. BAB V fiks.docx Download (25kB) |
Abstract
ABSTRAK Sari, Sartika. 2019. Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Group Investigation Pada Materi Termokimia dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X1 SMAN 8 Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing I: Drs. Fuldiaratman, M.Pd. Pembimbing II: Drs. Abu Bakar, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Group Investigation, Keterampilan Berpikir Kritis, Termokimia. Dalam kegiatan belajar mengajar dibutuhkan model pembelajaran yang dapat merangsang keaktifan dan keterampilan berpikir kritis siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk merangsang keaktifan dan keterampilan berpikir kritis siswa adalah model pembelajaran Group Investigation. Model pembelajaran Group Investigation memberikan siswa lebih banyak waktu berpikir, menggali, merespon dan saling membantu dalam menyelesaikan permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keterlaksanaan model pembelajaran Group Investigation dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi termokimia kelas XI SMAN 8 Kota Jambi. Jenis penelitian ini Quasi Experiments. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model sequential exploratory (model urutan penemuan). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran Group Investigation aktivitas guru dan siswa, dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ada 2 yaitu teknik analisa data kualitatif menggunakan Miles and Huberman yang diperoleh dari keterlaksanaan model oleh guru, dan teknik analisis data kuantitatif dari keterlaksanaan model oleh siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan korelasi Product Moment. Keterlaksanaan model pembelajaran oleh siswa memiliki persentase sebesar 57.31 % pada pertemuan pertama dengan kategori cukup baik, 82.38 % pada pertemuan kedua dengan kategori baik dan 91.16 % pada pertemuan ketiga dengan kategori sangat baik. Adapun rata-rata dari ketiga pertemuan yakni 76.95% dengan kategori baik. Dan persentase keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 83,51% dikategorikan baik. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran Group Investigation dengan keterampilan berpikir kritis siswa dikategorikan kuat dengan rata-rata rxy= 0,659 dan terdapat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran Group Investigation terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dengan thitung = 5,195 >ttabel = 1,69. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran Group Investigation terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi termokimia di kelas XI SMAN 8 Kota Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SARTIKA SARI |
Date Deposited: | 19 Jul 2019 04:05 |
Last Modified: | 19 Jul 2019 04:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8615 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |