Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir

Putry, Willy ade (2025) Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (41kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena keterlambatan mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi dalam menyelesaikan tugas akhir. Keterlambatan ini tidak hanya menunda kelulusan tetapi juga berdampak pada beban psikologis, peningkatan biaya pendidikan dan menurunnya motivasi mahasiswa. Tugas akhir merupakan syarat utama untuk memperoleh gelar sarjana, apabila tidak diselesaikan tepat waktu dapat memberikan dampak negatif bagi mahasiswa maupun institusi pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang menyebabkan keterlambatan mahasiswa Bimbingan dan Konseling dalam menyelesaikan tugas akhir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitian adalah mahasiswa aktif program studi Bimbingan dan Konseling angkatan 2018 dan 2019 yang mengalami keterlambatan dalam penyelesaian tugas akhir. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan analisis data dilakukan dengan teknik analisis menurut Yin yaitu penjodohan pola, pembuatan eksplanasi dan analisis deret waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlambatan disebabkan oleh kombinasi faktor internal dan eksternal. Faktor internal berupa perilaku prokrastinasi merupakan penyebab dominan yang ditemukan secara konsisten pada seluruh informan. Bentuk prokrastinasi yang muncul meliputi kecenderungan menunda pengerjaan karena rasa malas, kurang motivasi, kebingungan memulai kembali penulisan serta lemahnya manajemen waktu. Faktor eksternal seperti pergantian dosen pembimbing, tanggung jawab keluarga dan minimnya dukungan sosial juga berperan, namun pengaruhnya berbeda-beda pada tiap informan. Temuan ini mengindikasikan pentingnya mengelola waktu bagi mahasiswa terutama dalam mengatasi prokrastinasi sebagai fokus intervensi layanan bimbingan akademik. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi mahasiswa, dosen pembimbing dan institusi untuk meningkatkan efektivitas pendampingan penyelesaian tugas akhir. Abstrak This research is motivated by the phenomenon of delays in completing final assignments by students in the Guidance and Counseling Study Program at the University of Jambi. These delays not only delay graduation but also impact psychological burdens, increase educational costs, and decrease student motivation. The final assignment is a primary requirement for obtaining a bachelor's degree, and if not completed on time, it can negatively impact both the student and the educational institution. The purpose of this study was to identify internal and external factors that contribute to delays in completing final assignments by Guidance and Counseling students. This study used a descriptive qualitative approach with a purposive sampling technique. The subjects were active Guidance and Counseling study program students from the 2018 and 2019 intakes who experienced delays in completing their final assignments. Data collection was conducted through in-depth interviews, and data analysis utilized Yin's analytical techniques of pattern matching, explanation creation, and time series analysis. The results indicated that delays were caused by a combination of internal and external factors. The internal factor, procrastination, was the dominant cause, consistently found across all informants. Forms of procrastination that emerged included a tendency to postpone work due to laziness, lack of motivation, confusion about starting over, and poor time management. External factors such as changes in supervisors, family responsibilities, and minimal social support also played a role, but their impact varied among informants. These findings indicate the importance of time management for students, particularly in addressing procrastination, which is a key focus of academic guidance interventions. This research is expected to serve as a reference for students, supervisors, and institutions to improve the effectiveness of final project completion assistance.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: final assignment delays, student guidance and counseling, internal factors, external factors
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: PUTRY
Date Deposited: 13 Oct 2025 03:21
Last Modified: 13 Oct 2025 03:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/86308

Actions (login required)

View Item View Item